+ Reply to Thread
Page 1 of 3 1 2 3 LastLast
Results 1 to 10 of 22

Thread: [PYSCHE] Psikopat

  1. #1
    Doodling Rooster

    EddyChai is on a distinguished road
    Join Date
    Oct 2013
    Posts
    399
    Rep Power
    0

    Default [PYSCHE] Psikopat

    Content :
    Ctrl+F, misal: masukkan kode [#P6] untuk menuju Tes Psikopat
    [#P1] Apa itu Psikopat?
    [#P2] Apa Penyebabnya?
    [#P3] Bagaimana Mendeteksinya?
    [#P4] Bisakah Disembuhkan?
    [#P5] Ciri-ciri Psikopat
    [#P6] Tes Psikopat

    Apa itu Psikopat? [#P1]
    Psikopat berasal dari kata psyche yang berarti jiwa dan pathos yang berarti penyakit. Pengidapnya juga sering disebut sebagai sosiopat karena perilakunya yang antisosial dan merugikan orang-orang terdekatnya. Psikopat adalah suatu gejala kelainan kepribadian yang sejak dulu dianggap berbahaya dan mengganggu masyarakat. Dr. Hervey Cleckley, psikiater yang dianggap salah satu peneliti perintis tentang Psikopat, menulis dalam bukunya “The Mask of Sanity” (1947, dalam Hare, 1993), menggambarkan Psikopat sebagai pribadi yang “likeable, charming, intelligent, alert, impressive, confidence-inspiring, an a great success with the ladies”, tetapi sekaligus juga “irresponsible, self destructive, and the like”. Demikian pula Dr. Robert Hare, dalam bukunya “Without Conscience: The disturbing world of the Psychopaths among us“ (1993) masih bergelut dengan isu yang sama, yaitu kepribadian psikopat yang nampaknya baik hati, tetapi sangat merugikan masyarakat.
    Seorang psikopat dapat melakukan apa saja yang diinginkan dan yakin bahwa yang dilakukannya itu benar. Sifatnya yang pembohong, manipulatif, tanpa rasa kasihan atau rasa bersalah setelah menyakiti orang lain, tanpa ekspresi, sulit berempati dengan orang lain dan mudah mengancam siapa saja, bahkan kadang-kadang ia dapat bertindak kejam tanpa pandang bulu. Pembicaraan mengenai dirinya sangat melambung tinggi dan melihat kelemahan dirinya ada pada orang lain dan tidak peduli terhadap siapapun.

    Apa penyebabnya?[#P2]
    Sama seperti definisi dan ruang lingkup, tidak berbicara jelas tentang faktor-faktor penyebab kelainan kepribadian yang bernama psikopat ini. Sampai saat ini, banyak penelitian yang mendukung berbagai aspek penyebab kelainan ini antara lain:
    1. Kelainan di otak; Hubungan antara gejala Psikopat dengan kelainan sistem serotonin, kelainan struktural (decreased prefrontal grey matter, decreased posterior hippocampal volume and increased callosal white matter) dan kelainan fungsional (dysfunction of particular frontal and temporal lobe) otak. (Pridmore, Chambers & McArthur 2005).
    2. Lingkungan; Mereka yang berkepribadian psikopat memiliki latar belakang masa kecil yang tidak memberi peluang untuk perkembangan emosinya secara optimal. (Kirkman, 2002).
    3. Kepribadian sendiri; Adanya korelasi antara perilaku orang-orang dengan sindrom psikopat, dengan skor yang tinggi dalam tes kepribadian Revised NEO Personality Inventory (NEO-P-I-R,1992). (Miller & Lynam, 2003)

    Bagaimana mendeteksinya?[#P3]
    Walaupun tidak dapat menentukan penyebabnya, saat ini terdapat alat yang baik untuk mendiferensiasi antara orang-orang dengan gejala psikopat dengan yang tidak, yaitu Psychopath Check List – Revised (PCL-R) yang dikembangkan oleh Prof.Robert Hare yang terdiri atas 20 kuesioner yang memiliki skor 0-2 di setiap pertanyaan.
    Sedikit kutipan dari 20 pertanyaan dalam PCL-R tentang ciri-ciri psikopat, sebagai berikut:
    1. Persuasif dan memesona di permukaan.
    2. Menghargai diri yang berlebihan.
    3. Butuh stimulasi atau gampang bosan.
    4. Pembohong yang patologis.
    5. Menipu dan manipulatif.
    6. Kurang rasa bersalah dan berdosa.
    7. Emosi dangkal.
    8. Kasar dan kurang empati.
    9. Hidup seperti parasit.
    10. Buruknya pengendalian perilaku.
    11. Longgarnya perilaku seksual
    12. Masalah perilaku dini (sebelum usia 13 tahun).
    13. Tidak punya tujuan jangka panjang yang realistis.
    14. Impulsif.
    15. Tidak bertanggung jawab atas kewajiban.
    16. Tidak bertanggung jawab atas tindakan sendiri.
    17. Pernikahan jangka pendek yang berulang.
    18. Kenakalan remaja.
    19. Melanggar norma.
    20. Keragaman kriminal.

    Bisakah disembuhkan? [#P4]
    Sebagai kelainan kepribadian yang belum bisa dipastikan penyebabnya, Psikopat belum bisa dipastikan bisa disembuhkan atau tidak. Perawatan terhadap penderita psikopat menurut pengamatan Hare, bukan saja tidak menyembuhkan, melainkan justru menambah parah gejalanya, karena psikopat yang bersangkutan bisa semakin canggih dalam memanipulasi perilakunya yang merugikan orang lain. Beberapa hal, kata Hare akan membaik sendiri dengan bertambahnya usia, misalnya energi yang tidak sebesar waktu muda.

    Ciri-ciri Psikopat [#P5]
    Ada beberapa ciri-ciri penderita psikopat :
    1. Sering berbohong
    2. Ego yang tinggi dan suka menganggap dirinya hebat
    3. Tidak punya rasa bersalah dan mjenyesali setiap perbuatannya. Meski kadang psikopat mengakui perbuatannya namun ia sangat meremehkan atau menyangkal akibat tindakannya dan tidak memiliki alasan untuk peduli.
    4. Suka melakukan pelanggaran dan bermasalah pada prilaku di masa kecilnya.
    5. Sikap antisosial pada usia dewasa.
    6. Kurang empati. Bagi psikopat memotong kepala ayam dan memotong kepala orang, sama saja.
    7. Bertindak agresif, menantang nyali dan perkelahian, jam tidur larut dan sering keluar rumah.
    8. Impulsif dan sulit mengendalikan diri. Untuk psikopat tidak ada waktu untuk menimbang baik-buruknya tindakan yang dia lakuakan dan mereka tidak peduli pada apa yang telah diperbuatnya atau memikirkan tentang masa depan. Psikopat mudah terpicu amarahnya akan hal-hal kecil, mudah bereaksi terhadap kekecewaan, kegagalan, kritik, dan mudah menyerang orang hanya karena hal sepele.
    9. Tidak mampu bertanggung jawab dan melakukan hal-hal demi kesenangan belaka.
    10. Manipulatif dan curang.
    11. Mereka juga tidak memiliki respon fisiologis yang secara normal diasosiasikan dengan rasa takut seperti tangan berkeringat, jantung berdebar, mulut kering, tegang, gemetar — bagi psikopat hal ini tidak berlaku. Karena itu psikopat seringkali disebut dengan istilah “dingin”.
    12. Hidupnya sebagai parasit karena selalu memanfaatkan orang lain untuk kesenangan dan kepuasan dirinya.
    13. Pemberontak
    14. Kepribadiannya sulit untuk ditebak
    15. Ketidak stabilan dalam hubungan interpersonal
    16. Selalu bertindak sesuai dengan apa kata hatinya,walaupun sering kali kata hatinya melanggar aturan dan bersifat ekstrim.
    17. Suka berfikiran negative.
    18. Pendendam ,sedikit saja orang berbuat salah,hal itu akan selalu di ingat sebelum dendam tersebut dapat dilampiaskan.
    19. Selalu berusaha membuat dirinya untuk dikagumi agar dapat menutupi apa yang terjadi dalam dirinya.
    20. Mudah frustasi

    Tes Psikopat [#P6]
    Sekedar buat tes dan pengetahuan kali ini kita coba tes psikopat, hasilnya tergantung dari kepribadian kita sama alur jalan otak kita.

    PERTANYAAN
    1. Ada seorang anak yang mendapat hadiah ulang tahun berupa sepeda dan sepatu bola (ada versi yang menyebutkan bola sepak). Namun ia membencinya. Kenapa?

    2. Ada dua orang wanita bersaudara, Bertha dan Martha. Suatu hari ibu mereka meninggal dan pada hari pemakamannya, Bertha melihat sesosok pria yang sangat tampan. Ia langsung jatuh cinta pada pemuda itu. Namun ia tak berhasil menemukannya karena tak tahu siapa dia sebenarnya. Nah, pada suatu hari Bertha membunuh saudarinya, Martha. Kenapa?

    3. Engkau menginap di lantai 10 sebuah hotel. Suatu malam kau melongok dari balkon dan melihat seorang pembunuh menghabisi korbannya. Sang pembunuh tak sengaja melihatmu. Dari atas kau bisa melihat ia mendekatkan jarinya ke wajahnya dan membuat gesture (gerakan tubuh). Apa yang ia lakukan?

    4. Andaikan kau harus membunuh seseorang dan ia sedang bersembunyi di dalam lemari, apa yang akan kau lakukan?

    Nah, pikir baik-baik jawaban dari tiap pertanyaan dan cocokkan dengan jawaban versi normal dan jawaban versi psikopat yang akan kuberikan di bawah. Coba kita tes, yang mana jawabanmu, apakah jawabanmu lebih condong ke versi normal atau versi psikopat?

    1. Jawaban Versi Normal :
    Spoiler: show
    Mungkin ada yang menjawab kalo anak itu adalah perempuan atau lebih simpel lagi karena anak itu memang nggak suka sepeda dan sepak bola. Namun jawaban versi psikopat itu sangatlah disturbing.

    Jawaban Versi Psikopat :
    Spoiler: show
    Karena anak itu tak punya kaki (cacat).


    2. Jawaban Versi Normal :
    Spoiler: show
    Mungkin kalian menjawab kalau dua wanita ini mencintai lelaki yang sama (terlibat cinta segitiga) atau Bertha cemburu pada Martha. Jawaban versi psikopat sangatlah mengerikan.

    Jawaban Versi Psikopat :
    Spoiler: show
    Agar Bertha bisa bertemu lagi dengan pemuda itu di pemakaman saudarinya.


    3. Jawaban Versi Normal :
    Spoiler: show
    Si pembunuh mendekatkan jarinya ke bibirnya, mengisyaratkan agar kamu tutup mulut dan tidak mengatakan apapun ke polisi. Jawaban berisi psikopat sangat disturbing, lebih baik kamu tidak membacanya.

    Jawaban Versi Psikopat :
    Spoiler: show
    Ia sedang menghitung di lantai mana kamu tinggal supaya bisa membunuhmu juga.


    4. Jawaban Versi Normal :
    Spoiler: show
    Mungkin kamu akan menolak menjawabnya karena kamu merasa takkan mampu membunuh siapapun (atau mungkin kamu berpikir jika kamu menjawab pertanyaan ini berarti kamu psikopat). Namun kebanyakan orang jika mendengar pertanyaan ini maka jawaban yang langsung tercetus adalah: membuka lemari lalu membunuh orang itu. Tak apa-apa, jika kalian menjawab seperti itu, kalian masih digolongkan normal kok, bukan psikopat. Sebab jawaban versi psikopat jauh lebih menakutkan.

    Jawaban Versi Psikopat :
    Spoiler: show
    Menunggu hingga orang itu keluar dari lemari, baru membunuhnya. Seorang Psikopat akan membiarkan korban ketakutan tak berdaya, baru akan membunuhnya.


    sumber : wikipedia
    Last edited by EddyChai; 11-06-2014 at 11:23 PM.

  2. #2
    Hot Chick

    abecaplang is an unknown quantity at this point abecaplang's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    blablablabla
    Posts
    143
    Rep Power
    0

    Default

    jawaban ane:
    1. karna ga suka
    2. ga tau
    3. tutup mulut
    4. pintu lemari dikunci dari luar

  3. #3
    Dotted Rain Deer

    ShiinKurosaki has a spectacular aura about ShiinKurosaki has a spectacular aura about ShiinKurosaki has a spectacular aura about ShiinKurosaki's Avatar
    Join Date
    Feb 2013
    Location
    .: Kasoku Sekai :.
    Posts
    6,774
    Rep Power
    1

    Default

    Setelah gua menjawab, ternyata jawaban gua masih termasuk golongan normal uyeah


  4. #4
    Banned

    morphverti has much to be proud of morphverti has much to be proud of morphverti has much to be proud of morphverti has much to be proud of morphverti has much to be proud of morphverti has much to be proud of morphverti has much to be proud of morphverti has much to be proud of morphverti has much to be proud of morphverti has much to be proud of
    Join Date
    Dec 2010
    Location
    ┬┴┬┴┤(・_├┬┴┬┴
    Posts
    45,786
    Rep Power
    0

    Default

    jawaban saya ini termasuk .. gila .. walau ga psiko ..

    1. karena dia ini ga ke lelaki lelakian, mgkn agak ke arah wanita pria
    2. karena bertha adalah stalker dan memang seorang hitwomen
    3. ini kasus buat conan .. meitantei conan .. menemukan siapa pelakunya
    4. gampang, kunci aja lemarinya .. mati dah ..


  5. #5
    Doodling Rooster

    MiyukiAery is an unknown quantity at this point MiyukiAery's Avatar
    Join Date
    Apr 2014
    Location
    Disboard
    Posts
    119
    Rep Power
    0

    Default

    1. it's......a girl ._.

    2. mungkin........martha jadian sma si cowok tnpa diketahui si bertha dan saat bertha tau.....KO.....RO....SE.....

    3. *mendekatkan jari telunjuk ke mulut* silent and you will be spare....

    4. tembak dari depan atau........buang lemarinya ._.


    *edited :
    ane normal berarti ya ._.
    i see i see

  6. #6
    Doodling Rooster

    EddyChai is on a distinguished road
    Join Date
    Oct 2013
    Posts
    399
    Rep Power
    0

    Default

    bersyukurlah semuanya masih normal.. hahaha
    aku sendiri pas liat jawaban versi psikopat jadi merinding sendiri.. huehue

  7. #7
    Baby Guinea

    389889:7 is on a distinguished road 389889:7's Avatar
    Join Date
    Dec 2011
    Location
    Somewhere Under The Sun
    Posts
    583
    Rep Power
    1

    Default

    duh jeng eddy warokka, bikin eke merinding boo bacanya
    btw eke ga berani buka last spoiler
    Last edited by 389889:7; 17-06-2014 at 09:08 PM.

  8. #8
    Doodling Rooster

    EddyChai is on a distinguished road
    Join Date
    Oct 2013
    Posts
    399
    Rep Power
    0

    Default

    wkwkwk.. itu cuma tulisan kok isi spoilernya.. ga ada gambar" seramnya.. udah di sensor..

  9. #9
    Black Blood Mamba

    shigeko has a spectacular aura about shigeko has a spectacular aura about shigeko has a spectacular aura about shigeko's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Location
    Idol Street 2
    Posts
    2,070
    Rep Power
    1

    Default

    Quote Originally Posted by EddyChai View Post
    PERTANYAAN
    1. Ada seorang anak yang mendapat hadiah ulang tahun berupa sepeda dan sepatu bola (ada versi yang menyebutkan bola sepak). Namun ia membencinya. Kenapa?
    jawabannya : betul jg, kemungkinan dia lumpuh sejak lahir ato pernah mengalami hal buruk dengan benda" itu

    Quote Originally Posted by EddyChai View Post
    2. Ada dua orang wanita bersaudara, Bertha dan Martha. Suatu hari ibu mereka meninggal dan pada hari pemakamannya, Bertha melihat sesosok pria yang sangat tampan. Ia langsung jatuh cinta pada pemuda itu. Namun ia tak berhasil menemukannya karena tak tahu siapa dia sebenarnya. Nah, pada suatu hari Bertha membunuh saudarinya, Martha. Kenapa?
    jawabannya : mungkin memang dari kecil bermusuhan, trus waktu emaknya meninggal tambah ribut rebutan harta warisan.wkwk...

    Quote Originally Posted by EddyChai View Post
    3. Engkau menginap di lantai 10 sebuah hotel. Suatu malam kau melongok dari balkon dan melihat seorang pembunuh menghabisi korbannya. Sang pembunuh tak sengaja melihatmu. Dari atas kau bisa melihat ia mendekatkan jarinya ke wajahnya dan membuat gesture (gerakan tubuh). Apa yang ia lakukan?
    jawabannya : si pembunuh menggerakkan jari di leher dari arah kiri ke kanan pertanda dia akan segera dateng nyamperin n penggal kepala kita.brrr....

    Quote Originally Posted by EddyChai View Post
    4. Andaikan kau harus membunuh seseorang dan ia sedang bersembunyi di dalam lemari, apa yang akan kau lakukan?
    jawabannya : cari koran, minyak, bakar lemarinya.wkwk...



    jadi kesimpulannya......

  10. #10
    Doodling Rooster

    EddyChai is on a distinguished road
    Join Date
    Oct 2013
    Posts
    399
    Rep Power
    0

    Default

    Quote Originally Posted by shigeko View Post
    jawabannya : betul jg, kemungkinan dia lumpuh sejak lahir ato pernah mengalami hal buruk dengan benda" itu



    jawabannya : mungkin memang dari kecil bermusuhan, trus waktu emaknya meninggal tambah ribut rebutan harta warisan.wkwk...



    jawabannya : si pembunuh menggerakkan jari di leher dari arah kiri ke kanan pertanda dia akan segera dateng nyamperin n penggal kepala kita.brrr....



    jawabannya : cari koran, minyak, bakar lemarinya.wkwk...



    jadi kesimpulannya......
    jadi kesimpulannya??? masih normal kok cc..
    tp jawaban nomer 1 dan 3 mirip" jawaban versi psikopat ya.. jangan jangan.. wkwkkwkwk
    cocokkan aja dengan ciri-cirinya, mana tau cocok.. wakakaka

+ Reply to Thread

Tags for this Thread

Bookmarks

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts