+ Reply to Thread
Page 1 of 2 1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 15

Thread: Fakta Mimpi dan Arti Positifnya

  1. #1
    Doodling Rooster

    EddyChai is on a distinguished road
    Join Date
    Oct 2013
    Posts
    399
    Rep Power
    0

    Default Fakta Mimpi dan Arti Positifnya

    Apa itu Mimpi?
    Spoiler: show
    Semuanya tahu mimpi kan Lytogamers? Mimpi adalah pengalaman bawah sadar dimana terjadi komunikasi antara tubuh, pikiran, dan jiwa kita saat kita dalam kondisi relaks atau tidur. Sejatinya, sepanjang waktu kita bermimpi meskipun sedang dalam kondisi sadar dan terbangun, namun proses tersebut terjadi di alam bawah sadar, sehingga kadang kita tidak menyadari bahwa kita tengah bermimpi.

    Sejak dulu mimpi dikenal sebagai kembang tidur dan masih jadi sesuatu hal yang sangat misterius. Berbagai penelitian telah dilakukan tapi masih belum mampu untuk mengupas tuntas semua rahasia di balik mimpi.

    Bukan cuma di Indonesia saja, di beberapa negara lain mimpi selalu diidentikan dengan hal-hal mistis dan kebanyakan dianggap sebagai pertanda akan sesuatu hal yang akan terjadi, baik itu secara individu, atau golongan. Misalnya jika mimpi menangkap burung maka anda akan mendapatkan pasangan hidup atau seorang anak.

    Fakta Menarik Tentang Mimpi

    Apakah benar semua itu? Dari ribuan mimpi yang telah menyapa dalam tidur kita, ada beberapa misteri dan fakta unik tentang mimpi ini. Mari kita lihat bersama-sama :

    1. Anda akan melupakan 90% Mimpi Anda
    Spoiler: show
    Mimpi yang terjadi di dalam tidur dan prosesnya terjadi di bawah alam bawah sadar membuat 5 menit setelah Anda terbangun dari tidur maka Anda akan melupakan 50% dari mimpi dan cerita dalam mimpi Anda. Seiring waktu, 10 menit setelah bangun dimana semua emosi dan kesadaran Anda kembali total, maka Anda akan melupakan 90% dari mimpi Anda.

    Salah satu cerita menarik tentang "melupakan mimpi" ini hadir dari seorang penulis puisi cinta dan kata mutiara terkenal, Samuel Taylor Coleridge. Suatu ketika dia mendapatkan sebuah pengalaman mimpi yang indah. Sesaat setelah Samuel bangun, dia segera menuliskan cerita dalam mimpinya dalam bait-bait puisi diatas selembar kertas. Saat tulisannya mencapai 54 kata, tiba-tiba datanglah tamu kerumahnya. Setelah urusan dengan tamu tersebut selesai, Samuel bermaksud menyelesaikan puisinya tadi, tetapi dia tidak berhasil mengingat kembali mimpinya. Puisinya itu tidak pernah selesai. Puisi yang tidak pernah terselesaikan itu diberi judul "Kubla Khan" dan menjadi salah satu puisi paling terkenal di Inggris.


    2. Semua orang bermimpi
    Spoiler: show
    Penelitian menemukan bahwa semua manusia bermimpi, mulai dari bayi sampai dengan orang tertua di dunia masih mengalami mimpi (kecuali pada beberapa kasus penyakit jiwa parah). Namun ada hal menarik tentang mimpi antara Pria dan Wanita. Penelitian menyebutkan bahwa Pria cenderung bermimpi tentang pria lain, baik itu pria real maupun pria imaginatif. Sementara wanita cenderung berimbang dalam memimpikan Pria dan Wanita lain.


    3. Mimpi mencegah gangguan emosi
    Spoiler: show
    Penelitian yang dilakukan para ahli dengan melakukan serangkaian test ujicoba mendapatkan bahwa pada orang yang dibangunkan saat awal mulai bermimpi tapi tetap diperbolehkan tidur 8 jam sehari, setelah 3 hari menjadi kehilangan konsentrasi, gampang marah, halusinasi, dan tanda-tanda gangguan emosi serta psikologis lainnya. Kesimpulannya, mimpi berfungsi untuk melepaskan stress, ketegangan dan tekanan saat manusia tengah dalam kondisi sadar.


    4. Rangsangan dari luar mempengaruhi mimpi kita
    Spoiler: show
    Istilah ini disebut "Dream Incorporation". Mimpi yang berisikan refleksi dari peristiwa yang saat itu tengah terjadi. Misalkan kita bermimpi merasa sangat haus, kemudian hadirlah sebotol air yang lalu kita minum, namun tak berapa lama kemudian kita merasakan lagi kehausan, begitu terus berulang-ulang sampai kita terbangun dan menyadari bahwa kita benar-benar sedang dalam kondisi kehausan. Atau cerita yang lebih gampang dipahami : "Mimpi Kebelet Pipis".


    5. Saat bermimpi tubuh akan lumpuh
    Spoiler: show
    Kesempurnaan tubuh manusia dan otak bisa terlihat saat manusia dalam kondisi tak sadar dan mimpi. Saat manusia tidur dan bermimpi, maka tubuh akan mengalami lumpuh layu temporary atau sementara. Hal ini terjadi untuk mencegah supaya tubuh kita tidak bergerak-gerak mengikuti 'alur cerita' mimpi kita. Bayangin saja kalau Anda sedang bermimpi dikejar massa, kalau kaki Anda tidak lumpuh bisa-bisa Anda lari ke luar rumah dan disangka maling beneran sama satpam. Ada hormon yang dihasilkan tubuh saat kita tidur yang membuat syaraf mengirimkan pesan ke tulang belakang menyebabkan tubuh kita menjadi rileks dan lama-lama lumpuh atau lemas.


    6. Orang Buta pun Juga Bermimpi
    Spoiler: show
    Orang yang mengalami kebutaan sejak lahir ternyata juga mengalami mimpi. Namun karena kebutaan sejak lahir membuatnya tidak memiliki database bentuk dan wujud dari refleksi gambar, maka orang yang mengalami kebutaan sejak lahir mengalami mimpi-mimpi tentang suara, bunyi, sentuhan dan perasaan atau emosi. Sementara orang yang mengalami kebutaan setelah tumbuh dewasa, maka mimpinya akan bercampur antara bunyi, sentuhan dan perasaan dengan refleksi gambar-gambar yang sempat direkam lewat matanya sebelum mengalami kebutaan.


    7. Kita hanya bermimpi apa yang kita ketahui
    Spoiler: show
    Sering kali kita mengalami mimpi dengan setting lokasi atau kondisi yang asing dengan kita. kita bermimpi ditempat-tempat asing, dan bertemu dengan orang-orang yang tidak kita kenal. Namun penelitian menyebutkan bahwa hal tersebut tidak asal diciptakan oleh otak. Otak hanya merefleksikan semua yang pernah terjadi pada kita dan menggenerate ceritanya dengan sumber dari ingatan kita. Dan yang membuat seolah Anda tidak mengenali tempat atau hal-hal dalam mimpi Anda adalah alam bawah sadar Anda sebagai pusat penyimpanan data ingatan yang digali oleh otak untuk menciptakan kisah mimpi yang unik, aneh dan asing. Jadi, otak sebagai sutradara tidak akan pernah kehabisan jalan cerita drama dalam mimpi Anda, karena sepanjang hidup Anda, Anda telah melihat jutaan wajah, ratusan ribu tempat dan detail-detail lainnya. Yap, otak tidak akan pernah kehabisan aktor dan setting untuk menciptakan film mimpi unik untuk Anda.


    8. Mimpi Adalah Simbol dan Kiasan
    Spoiler: show
    Apa yang Anda alami dalam mimpi sebenarnya adalah cara otak menterjemahkan alam bawah sadar Anda yang merupakan simbolisasi atas peristiwa real yang terjadi saat kita sadar. Otak sangat kreatif dalam menggali database memori kita. Kadang kala, otak menggali informasi ingatan kita begitu dalamnya sampai kadang-kadang kita takjub atas mimpi aneh kita sendiri. Hal inilah yang membuat banyak orang yang tertarik akan tafsir mimpi, karena dipercaya otak memiliki kesamaan dalam menterjemahkan ingatan kita dan mewujudkannya menjadi simbol-simbol menarik lewat jalan cerita mimpi kita.


    9. Apakah Mimpi itu Berwarna?
    Spoiler: show
    Penelitian menemukan bahwa 12% orang yang normal, dan tidak memiliki penyakit buta warna, ternyata dalam mimpinya selalu mengalami mimpi hitam putih. Sementara sisanya mengalami mimpi yang bervariasi antara hitam putih dan mimpi berwarna. (Kayak nonton TV aja ya.. )


    10. Kita Bisa Mengatur Apa yang Mau Diimpikan
    Spoiler: show
    Anda pernah menonton film Inception? Teori dalam film tersebut memang sebuah kenyataan. kita bisa mengatur mimpi sesuai dengan keinginan kita dengan cara mengingat secara terus menerus apa yang ingin kita impikan. Ilmu tersebut disebut lucid Dream, ini sangat mudah dipelajari tapi lumayan sulit untuk di praktekkan.



    Arti Mimpi

    Berikut daftar mimpi yang sering terjadi dan apa maksud dari mimpi tersebut.

    1. Telat
    Spoiler: show
    Di alam bawah sadar Anda bermimpi mempunyai banyak waktu untuk membuat janji dan waktu kencan. Dan di alam mimpi itu dalam waktu 15 menit Anda sudah bisa menepati janji dan waktu kencan Anda.

    Sebenarnya, mimpi tersebut memiliki makna bahwa Anda diminta untuk berhati-hati dan menggunakan waktu sebaik-baiknya ketika Anda memiliki janji bertemu dengan seseorang atau kencan dengan pasangan Anda.

    Yang harus Anda ingat, di dunia nyata ini banyak sekali gangguan yang dapat merusak semua mimpi indah tersebut. Contohnya saja masalah lalu lintas. Anda tidak bisa menafsirkan apa yang bakal terjadi dengan situasi lalu lintas tempat Anda tinggal.

    Anda diminta untuk lebih tepat waktu dan lebih cepat beberapa jam sebelum waktu yang telah Anda sepakati, baik bersama klien maupun bersama pasangan Anda.

    Jangan sampai apa yang telah Anda susun sedemikian rapinya rusak begitu saja karena ulah Anda sendiri.


    2. Menemukan ruang kosong
    Spoiler: show
    Jika di alam mimpi Anda sedang berjalan melawati setiap sudut rumah lalu menemukan sebuah ruangan yang dimana dibalik ruangan tersebut memiliki ruang kosong, kemungkinan besar ada kaitannya dengan diri Anda sendiri.

    Rumah adalah simbol yang paling sering ada di alam mimpi. Rumah diibaratkan diri sendiri, dan setiap kamar mencerminkan aspek yang berbeda dari kepribadian Anda.

    Ketika Anda menemukan sebuah ruangan yang tidak terpakai, tandanya Anda menemukan aspek identitas dalam diri Anda yang sebenarnya dapat dimanfaatkan dengan sebaiknya.

    Biasanya, hal seperti ini lebih kepada bakat yang Anda miliki. Sebenarnya Anda memiliki bakat terpendam yang dapat dimanfaatkan dan menjadikan suatu hal yang menggairahkan Anda.

    Jika semakin besar ruangan yang Anda temui di alam mimpi tersebut, semakin besar pula kesempatan Anda untuk menyadari potensi lebih yang tak pernah Anda sadari sebelumnya.

    Yang harus Anda lakukan adalah segera mencari bakat besar yang terpendam di dalam diri Anda dan jangan pernah ragu untuk mengeksplorasikannya.


    3. Terbang
    Spoiler: show
    Di alam mimpi Anda bermimpi sedang meloncat atau bahkan terbang sehingga kepada Anda menyentuh awan, itu menandakan bahwa untuk saat ini Anda butuh kebebasan.

    Maksud dari mimpi tersebut kemungkinan besar sedang dilanda masalah yang besar yang terjadi dalam hidup Anda. Dan saat ini, Anda mungkin butuh keputusan terbuka yang keluar dari pikiran yang selama ini mengekang Anda.

    Waktu terbaik untuk bergerak adalah ketika Anda merasa percaya diri akan prestasi yang nantinya akan Anda hasilkan.


    4. Telanjang
    Spoiler: show
    Jika seseorang bermimpi telanjang bulat di tengah masyarakat ramai tapi tak seorang pun memerhatikan, itu tandanya ada rasa putus asa yang terjadi pada diri Anda.

    Itu terjadi karena Anda merasa rentan dan takut.

    Di dalam kehidupan nyata, kemungkinan yang terjadi pada Anda adalah ada suatu rasa tidak nyaman yang terjadi di pekerjaan Anda. Mungkin ada rasa tekanan batin yang nantinya akan mendera Anda.

    Jika mimpi itu terjadi di sekolah atau kampus, kemungkinan Anda mengalami stres yang ditimbulkan karena tugas dari mata pelajaran yang tak disukai.

    Jika mimpi tersebut terjadi di kantin, kemungkinan besar itu mencerminkan kecemasan sosial dan tidak ada rasa peduli yang akan Anda tampakkan.


    5. Gigi copot
    Spoiler: show
    Jika Anda bermimpi gigi Anda hancur, menjuntai, dan keluar seperti film-film horor yang mengakibatkan Anda panik setengah mati, Anda tak perlu khawatir.

    Gigi adalah simbol dari kekuatan dan keyakinan. Jika Anda bermimpi gigi Anda tanggal, ada kemungkinan Anda akan kehilangan rasa percaya diri yang ada pada Anda.

    Yang harus Anda lakukan di kehidupan nyata apabila ada sebagian keinginan yang belum terpenuhi sampai Anda merasa tidak percaya diri adalah berpura-puralah sampai Anda berhasil. Selalu tonjolkan rasa percaya diri. Di dunia ini, tak ada yang tak mungkin. Jangan pernah minder karena Anda tidak memiliki apa yang orang lain milikin.

    Mungkin saat ini Anda belum bisa seperti orang tersebut, tapi teruslah bermimpi dan percaya diri. Menurut penilitian, semakin Anda percaya diri, percaya apa yang akan Anda raih akan tercapai itu sama saja dengan mendekatkan apa yang menjadi impian Anda.


    Jadi menurutku itu saja ya kilasan tentang mimpi. jangan ambil sisi negatif dari sebuah mimpi tapi lihatlah sisi positifnya. Bisa saja itu adalah pertanda atau peringatan agar Anda menjadi orang yang lebih baik lagi di masa mendatang..
    Klo ada waktu nanti akan saya update lagi infonya..
    Terima Kasih sudah membaca Lytogamers..

    Sumber : Fakta Mimpi

  2. #2
    Fresh Egg whyre_rein is an unknown quantity at this point whyre_rein's Avatar
    Join Date
    Jan 2014
    Location
    Prontera Inn
    Posts
    10
    Rep Power
    0

    Default

    Arti mimpinya cuma empat aja nih. Sayang banget... *lagi berusaha nyari arti mimpi kemaren*

  3. #3
    Doodling Rooster

    EddyChai is on a distinguished road
    Join Date
    Oct 2013
    Posts
    399
    Rep Power
    0

    Default

    Quote Originally Posted by whyre_rein View Post
    Arti mimpinya cuma empat aja nih. Sayang banget... *lagi berusaha nyari arti mimpi kemaren*
    mimpinya seperti apa cc? (*kalo masih ingat)
    mungkin bisa dibantu cari tau artinya..

    postnya besok atau lusa bakal di update kok arti mimpi selanjutnya..

  4. #4
    Banned

    lililionk is a jewel in the rough lililionk is a jewel in the rough lililionk is a jewel in the rough lililionk is a jewel in the rough
    Join Date
    Nov 2009
    Posts
    7,757
    Rep Power
    0

    Default

    Gue pernah mimpi ada tsunami, terus tiba2 ada makhluk tidak jelas ngmg ke gue "tunggulah di ujung jalan sana"

    Seketika gue ngantri di alam baka, gue barisan paling sedikit, pake baju putih kek dress ampe lantai..
    Anehnya gue dirantai di leher, dan rantainya dipegang am orang yang ehem, ganteng abiiisssssssssssssss

    Akhirnya gue nanya ama Bapak2 di depan gue (kebetulan gue barisan paling terakhir, antrian terakhir).
    Gue : Pak, ini antrian apa ya? dan saya ada dimana?
    Bapak : Ini antrian alam baka dek, kayaknya si kita masuk Surga, cuma tetep kita masuk ruang penyucian dlu
    Gue : Mksdnya pak, itu gimana?
    Bapak : Mksdnya kena cambuk beberapa kali dulu

    Itu, artinya apa? Suer, cuma mimpi itu doang yg bkin gue bertanya2..
    Apa itu mimpi, atau wkt itu jiwa gue uda melayang entah kemana?

    Karena emang, sebelum kejadian itu, tmen gue, pernah liat tiba2 gue sekilas ktanya gue pake baju putih semua..pdahal gue lg pake baju biasa, kek orang yg uda mu meninggal..

    i dunno lah sampe skrg itu mksdnya apa..dan cuma 1 mimpi itu yg bkin gue bertanya2 sampe seumur idup gue..

    Mohon klo ad yg bisa jelasin, please jelasin wlo cuma opini, biar gue ohh jd rda ngerti gt >_<

    btw mimpinya sekitar 3th silam..

    Suer, itu mimpi yg pernah gue alamin, dan mimpi teraneh sepanjang idup gue..

    Btw, uda 2x mimpi ngantri di alam baka..yg pertama gk dirante, yg kedua dirante..

    apaan dah gue bingung asli -_-

    Makasih sebelumnya ya
    Last edited by lililionk; 11-03-2014 at 11:46 PM.

  5. #5
    Doodling Rooster

    EddyChai is on a distinguished road
    Join Date
    Oct 2013
    Posts
    399
    Rep Power
    0

    Default

    Quote Originally Posted by lililionk View Post
    Gue pernah mimpi ada tsunami, terus tiba2 ada makhluk tidak jelas ngmg ke gue "tunggulah di ujung jalan sana"

    Seketika gue ngantri di alam baka, gue barisan paling sedikit, pake baju putih kek dress ampe lantai..
    Anehnya gue dirantai di leher, dan rantainya dipegang am orang yang ehem, ganteng abiiisssssssssssssss

    Akhirnya gue nanya ama Bapak2 di depan gue (kebetulan gue barisan paling terakhir, antrian terakhir).
    Gue : Pak, ini antrian apa ya? dan saya ada dimana?
    Bapak : Ini antrian alam baka dek, kayaknya si kita masuk Surga, cuma tetep kita masuk ruang penyucian dlu
    Gue : Mksdnya pak, itu gimana?
    Bapak : Mksdnya kena cambuk beberapa kali dulu

    Itu, artinya apa? Suer, cuma mimpi itu doang yg bkin gue bertanya2..
    Apa itu mimpi, atau wkt itu jiwa gue uda melayang entah kemana?

    Karena emang, sebelum kejadian itu, tmen gue, pernah liat tiba2 gue sekilas ktanya gue pake baju putih semua..pdahal gue lg pake baju biasa, kek orang yg uda mu meninggal..

    i dunno lah sampe skrg itu mksdnya apa..dan cuma 1 mimpi itu yg bkin gue bertanya2 sampe seumur idup gue..

    Mohon klo ad yg bisa jelasin, please jelasin wlo cuma opini, biar gue ohh jd rda ngerti gt >_<

    btw mimpinya sekitar 3th silam..

    Suer, itu mimpi yg pernah gue alamin, dan mimpi teraneh sepanjang idup gue..

    Btw, uda 2x mimpi ngantri di alam baka..yg pertama gk dirante, yg kedua dirante..

    apaan dah gue bingung asli -_-

    Makasih sebelumnya ya
    wah ini cc kok mimpinya serem banget ya?? ngantri di alam baka, aku belum pernah nih..
    biasanya aku sering mimpi di tusuk pakai pedang, trus sembuh gara" di heal sama cc priest (RO masuk mimpi)
    atau klo mimpi yg serem pun pasti terbangun trus keringatan.. (ketakutan)

    wah jujur ya cc klo mimpi ini terlalu serem, dan untuk artinya sendiri juga aku ga tau pasti..
    soalnya arti" di sini berdasarkan fakta yg ku dapat, jd aku ga mau tebak menebak mimpi cc itu artinya apa..

    klo dari google sendiri pun arti mimpi semua ditafsirkan ke hal negatif, dan aku sendiri ga suka sama hal-hal negatif, maunya ambil sisi positifnya aja..

    klo bisa sih jgn terlalu dipikirin mimpinya cc, dan klo mau tidur pikirlah hal" yg menyenangkan, pasti bisa bermimpi sesuatu yg lebih baik..

    sama-sama cc, semoga membantu deh.. selamat bermimpi indah nanti ^^

  6. #6
    Hot Chick

    ranoemail is an unknown quantity at this point ranoemail's Avatar
    Join Date
    Oct 2011
    Location
    Stormwind Castle
    Posts
    80
    Rep Power
    0

    Default

    pernah mimpi pas tidur lagi basmi2 setan, tapi basminya kayak bunuh2 zombie di resident evil.

    anehnya ane nikmatin betul dan terasa tertantang untuk bunuh semuanya padahal gk pernah suka yg namanya main game bunuh zombie2an.

    kira2 artinya apa ya kk nyampe bisa mimpi gitu???

    CATATAN: ini serius gk bokis dan gk bercanda!

    SILAHKAN DIBUKA!


    Spoiler: show


    MIGRASI

    KERO2



  7. #7
    Doodling Rooster

    EddyChai is on a distinguished road
    Join Date
    Oct 2013
    Posts
    399
    Rep Power
    0

    Default

    Quote Originally Posted by ranoemail View Post
    pernah mimpi pas tidur lagi basmi2 setan, tapi basminya kayak bunuh2 zombie di resident evil.

    anehnya ane nikmatin betul dan terasa tertantang untuk bunuh semuanya padahal gk pernah suka yg namanya main game bunuh zombie2an.

    kira2 artinya apa ya kk nyampe bisa mimpi gitu???

    CATATAN: ini serius gk bokis dan gk bercanda!
    mungkin kk dulunya zombie slayer.. hihihihi
    kk yakin ga pernah main game tentang zombie? atau nonton film zombie gitu?
    soalnya mimpi itu mengambil database otak kita.. jadi apa yg terjadi di mimpi itu segala halnya diambil dari memori otak kita..
    aku bukan ahli penerjemah mimpi kk.. wkwkwkwk
    cuma membicarakan fakta mimpi.. semoga membantu..

  8. #8
    Baby Guinea

    389889:7 is on a distinguished road 389889:7's Avatar
    Join Date
    Dec 2011
    Location
    Somewhere Under The Sun
    Posts
    583
    Rep Power
    1

    Default

    Quote Originally Posted by EddyChai View Post
    Apa itu Mimpi?
    Spoiler: show
    Semuanya tahu mimpi kan Lytogamers? Mimpi adalah pengalaman bawah sadar dimana terjadi komunikasi antara tubuh, pikiran, dan jiwa kita saat kita dalam kondisi relaks atau tidur. Sejatinya, sepanjang waktu kita bermimpi meskipun sedang dalam kondisi sadar dan terbangun, namun proses tersebut terjadi di alam bawah sadar, sehingga kadang kita tidak menyadari bahwa kita tengah bermimpi.

    Sejak dulu mimpi dikenal sebagai kembang tidur dan masih jadi sesuatu hal yang sangat misterius. Berbagai penelitian telah dilakukan tapi masih belum mampu untuk mengupas tuntas semua rahasia di balik mimpi.

    Bukan cuma di Indonesia saja, di beberapa negara lain mimpi selalu diidentikan dengan hal-hal mistis dan kebanyakan dianggap sebagai pertanda akan sesuatu hal yang akan terjadi, baik itu secara individu, atau golongan. Misalnya jika mimpi menangkap burung maka anda akan mendapatkan pasangan hidup atau seorang anak.

    Fakta Menarik Tentang Mimpi

    Apakah benar semua itu? Dari ribuan mimpi yang telah menyapa dalam tidur kita, ada beberapa misteri dan fakta unik tentang mimpi ini. Mari kita lihat bersama-sama :

    1. Anda akan melupakan 90% Mimpi Anda
    Spoiler: show
    Mimpi yang terjadi di dalam tidur dan prosesnya terjadi di bawah alam bawah sadar membuat 5 menit setelah Anda terbangun dari tidur maka Anda akan melupakan 50% dari mimpi dan cerita dalam mimpi Anda. Seiring waktu, 10 menit setelah bangun dimana semua emosi dan kesadaran Anda kembali total, maka Anda akan melupakan 90% dari mimpi Anda.

    Salah satu cerita menarik tentang "melupakan mimpi" ini hadir dari seorang penulis puisi cinta dan kata mutiara terkenal, Samuel Taylor Coleridge. Suatu ketika dia mendapatkan sebuah pengalaman mimpi yang indah. Sesaat setelah Samuel bangun, dia segera menuliskan cerita dalam mimpinya dalam bait-bait puisi diatas selembar kertas. Saat tulisannya mencapai 54 kata, tiba-tiba datanglah tamu kerumahnya. Setelah urusan dengan tamu tersebut selesai, Samuel bermaksud menyelesaikan puisinya tadi, tetapi dia tidak berhasil mengingat kembali mimpinya. Puisinya itu tidak pernah selesai. Puisi yang tidak pernah terselesaikan itu diberi judul "Kubla Khan" dan menjadi salah satu puisi paling terkenal di Inggris.


    2. Semua orang bermimpi
    Spoiler: show
    Penelitian menemukan bahwa semua manusia bermimpi, mulai dari bayi sampai dengan orang tertua di dunia masih mengalami mimpi (kecuali pada beberapa kasus penyakit jiwa parah). Namun ada hal menarik tentang mimpi antara Pria dan Wanita. Penelitian menyebutkan bahwa Pria cenderung bermimpi tentang pria lain, baik itu pria real maupun pria imaginatif. Sementara wanita cenderung berimbang dalam memimpikan Pria dan Wanita lain.


    3. Mimpi mencegah gangguan emosi
    Spoiler: show
    Penelitian yang dilakukan para ahli dengan melakukan serangkaian test ujicoba mendapatkan bahwa pada orang yang dibangunkan saat awal mulai bermimpi tapi tetap diperbolehkan tidur 8 jam sehari, setelah 3 hari menjadi kehilangan konsentrasi, gampang marah, halusinasi, dan tanda-tanda gangguan emosi serta psikologis lainnya. Kesimpulannya, mimpi berfungsi untuk melepaskan stress, ketegangan dan tekanan saat manusia tengah dalam kondisi sadar.


    4. Rangsangan dari luar mempengaruhi mimpi kita
    Spoiler: show
    Istilah ini disebut "Dream Incorporation". Mimpi yang berisikan refleksi dari peristiwa yang saat itu tengah terjadi. Misalkan kita bermimpi merasa sangat haus, kemudian hadirlah sebotol air yang lalu kita minum, namun tak berapa lama kemudian kita merasakan lagi kehausan, begitu terus berulang-ulang sampai kita terbangun dan menyadari bahwa kita benar-benar sedang dalam kondisi kehausan. Atau cerita yang lebih gampang dipahami : "Mimpi Kebelet Pipis".


    5. Saat bermimpi tubuh akan lumpuh
    Spoiler: show
    Kesempurnaan tubuh manusia dan otak bisa terlihat saat manusia dalam kondisi tak sadar dan mimpi. Saat manusia tidur dan bermimpi, maka tubuh akan mengalami lumpuh layu temporary atau sementara. Hal ini terjadi untuk mencegah supaya tubuh kita tidak bergerak-gerak mengikuti 'alur cerita' mimpi kita. Bayangin saja kalau Anda sedang bermimpi dikejar massa, kalau kaki Anda tidak lumpuh bisa-bisa Anda lari ke luar rumah dan disangka maling beneran sama satpam. Ada hormon yang dihasilkan tubuh saat kita tidur yang membuat syaraf mengirimkan pesan ke tulang belakang menyebabkan tubuh kita menjadi rileks dan lama-lama lumpuh atau lemas.


    6. Orang Buta pun Juga Bermimpi
    Spoiler: show
    Orang yang mengalami kebutaan sejak lahir ternyata juga mengalami mimpi. Namun karena kebutaan sejak lahir membuatnya tidak memiliki database bentuk dan wujud dari refleksi gambar, maka orang yang mengalami kebutaan sejak lahir mengalami mimpi-mimpi tentang suara, bunyi, sentuhan dan perasaan atau emosi. Sementara orang yang mengalami kebutaan setelah tumbuh dewasa, maka mimpinya akan bercampur antara bunyi, sentuhan dan perasaan dengan refleksi gambar-gambar yang sempat direkam lewat matanya sebelum mengalami kebutaan.


    7. Kita hanya bermimpi apa yang kita ketahui
    Spoiler: show
    Sering kali kita mengalami mimpi dengan setting lokasi atau kondisi yang asing dengan kita. kita bermimpi ditempat-tempat asing, dan bertemu dengan orang-orang yang tidak kita kenal. Namun penelitian menyebutkan bahwa hal tersebut tidak asal diciptakan oleh otak. Otak hanya merefleksikan semua yang pernah terjadi pada kita dan menggenerate ceritanya dengan sumber dari ingatan kita. Dan yang membuat seolah Anda tidak mengenali tempat atau hal-hal dalam mimpi Anda adalah alam bawah sadar Anda sebagai pusat penyimpanan data ingatan yang digali oleh otak untuk menciptakan kisah mimpi yang unik, aneh dan asing. Jadi, otak sebagai sutradara tidak akan pernah kehabisan jalan cerita drama dalam mimpi Anda, karena sepanjang hidup Anda, Anda telah melihat jutaan wajah, ratusan ribu tempat dan detail-detail lainnya. Yap, otak tidak akan pernah kehabisan aktor dan setting untuk menciptakan film mimpi unik untuk Anda.


    8. Mimpi Adalah Simbol dan Kiasan
    Spoiler: show
    Apa yang Anda alami dalam mimpi sebenarnya adalah cara otak menterjemahkan alam bawah sadar Anda yang merupakan simbolisasi atas peristiwa real yang terjadi saat kita sadar. Otak sangat kreatif dalam menggali database memori kita. Kadang kala, otak menggali informasi ingatan kita begitu dalamnya sampai kadang-kadang kita takjub atas mimpi aneh kita sendiri. Hal inilah yang membuat banyak orang yang tertarik akan tafsir mimpi, karena dipercaya otak memiliki kesamaan dalam menterjemahkan ingatan kita dan mewujudkannya menjadi simbol-simbol menarik lewat jalan cerita mimpi kita.


    9. Apakah Mimpi itu Berwarna?
    Spoiler: show
    Penelitian menemukan bahwa 12% orang yang normal, dan tidak memiliki penyakit buta warna, ternyata dalam mimpinya selalu mengalami mimpi hitam putih. Sementara sisanya mengalami mimpi yang bervariasi antara hitam putih dan mimpi berwarna. (Kayak nonton TV aja ya.. )


    10. Kita Bisa Mengatur Apa yang Mau Diimpikan
    Spoiler: show
    Anda pernah menonton film Inception? Teori dalam film tersebut memang sebuah kenyataan. kita bisa mengatur mimpi sesuai dengan keinginan kita dengan cara mengingat secara terus menerus apa yang ingin kita impikan. Ilmu tersebut disebut lucid Dream, ini sangat mudah dipelajari tapi lumayan sulit untuk di praktekkan.



    Arti Mimpi

    Berikut daftar mimpi yang sering terjadi dan apa maksud dari mimpi tersebut.

    1. Telat
    Spoiler: show
    Di alam bawah sadar Anda bermimpi mempunyai banyak waktu untuk membuat janji dan waktu kencan. Dan di alam mimpi itu dalam waktu 15 menit Anda sudah bisa menepati janji dan waktu kencan Anda.

    Sebenarnya, mimpi tersebut memiliki makna bahwa Anda diminta untuk berhati-hati dan menggunakan waktu sebaik-baiknya ketika Anda memiliki janji bertemu dengan seseorang atau kencan dengan pasangan Anda.

    Yang harus Anda ingat, di dunia nyata ini banyak sekali gangguan yang dapat merusak semua mimpi indah tersebut. Contohnya saja masalah lalu lintas. Anda tidak bisa menafsirkan apa yang bakal terjadi dengan situasi lalu lintas tempat Anda tinggal.

    Anda diminta untuk lebih tepat waktu dan lebih cepat beberapa jam sebelum waktu yang telah Anda sepakati, baik bersama klien maupun bersama pasangan Anda.

    Jangan sampai apa yang telah Anda susun sedemikian rapinya rusak begitu saja karena ulah Anda sendiri.


    2. Menemukan ruang kosong
    Spoiler: show
    Jika di alam mimpi Anda sedang berjalan melawati setiap sudut rumah lalu menemukan sebuah ruangan yang dimana dibalik ruangan tersebut memiliki ruang kosong, kemungkinan besar ada kaitannya dengan diri Anda sendiri.

    Rumah adalah simbol yang paling sering ada di alam mimpi. Rumah diibaratkan diri sendiri, dan setiap kamar mencerminkan aspek yang berbeda dari kepribadian Anda.

    Ketika Anda menemukan sebuah ruangan yang tidak terpakai, tandanya Anda menemukan aspek identitas dalam diri Anda yang sebenarnya dapat dimanfaatkan dengan sebaiknya.

    Biasanya, hal seperti ini lebih kepada bakat yang Anda miliki. Sebenarnya Anda memiliki bakat terpendam yang dapat dimanfaatkan dan menjadikan suatu hal yang menggairahkan Anda.

    Jika semakin besar ruangan yang Anda temui di alam mimpi tersebut, semakin besar pula kesempatan Anda untuk menyadari potensi lebih yang tak pernah Anda sadari sebelumnya.

    Yang harus Anda lakukan adalah segera mencari bakat besar yang terpendam di dalam diri Anda dan jangan pernah ragu untuk mengeksplorasikannya.


    3. Terbang
    Spoiler: show
    Di alam mimpi Anda bermimpi sedang meloncat atau bahkan terbang sehingga kepada Anda menyentuh awan, itu menandakan bahwa untuk saat ini Anda butuh kebebasan.

    Maksud dari mimpi tersebut kemungkinan besar sedang dilanda masalah yang besar yang terjadi dalam hidup Anda. Dan saat ini, Anda mungkin butuh keputusan terbuka yang keluar dari pikiran yang selama ini mengekang Anda.

    Waktu terbaik untuk bergerak adalah ketika Anda merasa percaya diri akan prestasi yang nantinya akan Anda hasilkan.


    4. Telanjang
    Spoiler: show
    Jika seseorang bermimpi telanjang bulat di tengah masyarakat ramai tapi tak seorang pun memerhatikan, itu tandanya ada rasa putus asa yang terjadi pada diri Anda.

    Itu terjadi karena Anda merasa rentan dan takut.

    Di dalam kehidupan nyata, kemungkinan yang terjadi pada Anda adalah ada suatu rasa tidak nyaman yang terjadi di pekerjaan Anda. Mungkin ada rasa tekanan batin yang nantinya akan mendera Anda.

    Jika mimpi itu terjadi di sekolah atau kampus, kemungkinan Anda mengalami stres yang ditimbulkan karena tugas dari mata pelajaran yang tak disukai.

    Jika mimpi tersebut terjadi di kantin, kemungkinan besar itu mencerminkan kecemasan sosial dan tidak ada rasa peduli yang akan Anda tampakkan.


    5. Gigi copot
    Spoiler: show
    Jika Anda bermimpi gigi Anda hancur, menjuntai, dan keluar seperti film-film horor yang mengakibatkan Anda panik setengah mati, Anda tak perlu khawatir.

    Gigi adalah simbol dari kekuatan dan keyakinan. Jika Anda bermimpi gigi Anda tanggal, ada kemungkinan Anda akan kehilangan rasa percaya diri yang ada pada Anda.

    Yang harus Anda lakukan di kehidupan nyata apabila ada sebagian keinginan yang belum terpenuhi sampai Anda merasa tidak percaya diri adalah berpura-puralah sampai Anda berhasil. Selalu tonjolkan rasa percaya diri. Di dunia ini, tak ada yang tak mungkin. Jangan pernah minder karena Anda tidak memiliki apa yang orang lain milikin.

    Mungkin saat ini Anda belum bisa seperti orang tersebut, tapi teruslah bermimpi dan percaya diri. Menurut penilitian, semakin Anda percaya diri, percaya apa yang akan Anda raih akan tercapai itu sama saja dengan mendekatkan apa yang menjadi impian Anda.


    Jadi menurutku itu saja ya kilasan tentang mimpi. jangan ambil sisi negatif dari sebuah mimpi tapi lihatlah sisi positifnya. Bisa saja itu adalah pertanda atau peringatan agar Anda menjadi orang yang lebih baik lagi di masa mendatang..
    Klo ada waktu nanti akan saya update lagi infonya..
    Terima Kasih sudah membaca Lytogamers..

    Sumber : Fakta Mimpi
    dulu kalalo tinta salah ada juga loh yang bikin trit disini tentang lucid dream #OOT

  9. #9
    Doodling Rooster

    EddyChai is on a distinguished road
    Join Date
    Oct 2013
    Posts
    399
    Rep Power
    0

    Default

    Quote Originally Posted by 389889:7 View Post
    dulu kalalo tinta salah ada juga loh yang bikin trit disini tentang lucid dream #OOT
    ada ketemu ngga? hoho.. mau baca" tritnya kalo ada.. trit punyaku cuma membahas mimpi secara umum, ngga membahas lucid dream keseluruhannya..

  10. #10
    Big Eyes Lynx

    vienka02 is just really nice vienka02 is just really nice vienka02 is just really nice vienka02 is just really nice vienka02's Avatar
    Join Date
    Dec 2012
    Posts
    3,239
    Rep Power
    1

    Default

    Quote Originally Posted by 389889:7 View Post
    dulu kalalo tinta salah ada juga loh yang bikin trit disini tentang lucid dream #OOT
    dimana threadnya...? <-- maubaca

    Quote Originally Posted by EddyChai View Post
    ada ketemu ngga? hoho.. mau baca" tritnya kalo ada.. trit punyaku cuma membahas mimpi secara umum, ngga membahas lucid dream keseluruhannya..
    tadi keliling ketemunya paling fanfic yang ini klo ada "lucid" "lucid" nya:
    http://forum.lytogame.com/showthread...Dream-(FanFic)

+ Reply to Thread

Bookmarks

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts