+ Reply to Thread
Results 1 to 8 of 8

Thread: [KNOWLEDGE] Mandarin Traditional vs Mandarin Simplified

  1. #1
    Big Eyes Lynx

    angelmayorz will become famous soon enough angelmayorz will become famous soon enough angelmayorz's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Kalliope Channel 1,Sweety Server Channel 1,F1 Server Umum 1,Alpha Server Channel 1
    Posts
    2,629
    Rep Power
    1

    Thumbs up [KNOWLEDGE] Mandarin Traditional vs Mandarin Simplified

    Halo Lytogamers

    Pasti kalian tau bahasa mandarin kan?

    Nah,pasti kalian disini banyak yang tidak tau kalo bahasa Mandarin sendiri di dunia ada 2 loh berdasarkan penulisan Hanzi (Kanji) nya ^^ Ada Traditional (Tradisional) dan Simplified (Disederhanakan).

    Nah,apa sih perbedaannya?Yuk simak ulasan dibawah ini ^^

    1. Hanzi Traditional

    Spoiler: show
    Aksara Tionghoa tradisional (正體字, pinyin: zhng tǐ z) adalah satu dari dua set aksara standar bahasa Tionghoa tertulis kontemporer. Aksara Tionghoa (Hanzi) tradisional digunakan secara luas di Hong Kong, Makau, Taiwan, dan kebanyakan komunitas Tionghoa di luar negeri.

    Di antara orang-orang Tionghoa, Hanzi tradisional juga disebut sebagai Aksara Sulit atau Aksara Kompleks (繁體字/fantiz), atau secara lisan Aksara Lama (老字/laozi).

    Dalam program-program mengetik komputer, Hanzi Tradisional paling sering direpresentasikan menggunakan skema pengkodean aksara Big5.

    Hanzi tradisional juga digunakan dalam bahasa Korea (Hanja), dan aksara-aksara yang telah sedikit disederhanakan digunakan dalam bahasa Jepang (Kanji).

    Jadi,intinya Hanzi Traditional ini merupakan Hanzi yang pertama kali digunakan oleh seluruh orang Tionghua dari jaman dulu. Sesuai deskripsi diatas,hanzi ini memang sangat sulit untuk dipelajari karena terlalu banyak guratan atau goresan.



    Nah,bagaimana dengan Hanzi Simplified?


    2. Hanzi Simplified

    Spoiler: show
    Aksara Tionghoa sederhana (Tionghoa Sederhana: 简体字; Tionghoa Tradisional: 簡體字; pinyin: jiǎntǐz; atau Bahasa Tionghoa Sederhana, juga disebut 简化字/簡化字, jiǎnhu z) adalah satu dari dua set aksara standar bahasa Tionghoa tertulis kontemporer. Set yang lainnya adalah Hanzi tradisional/Bahasa Tionghoa Tradisional. Hanzi tradisional adalah aksara Tionghoa yang disederhanakan secara resmi oleh pemerintah Republik Rakyat **** dalam usaha meningkatkan kemampuan baca-tulis. Namun dalam perkembangannya penyederhanaan ini justru banyak menimbulkan kerancuan dengan pembaca tradisional dan menghilangkan keindahan artistik hurufnya.

    Meski ia tidak secara eksplisit merujuk kepada aksara-aksara yang telah disederhanakan, kata-kata Tionghoa guifan hanzi (规范汉字), yang berarti "aksara Tionghoa yang telah distandarkan", biasanya merujuk kepadanya.

    Aksara Tionghoa yang digunakan sebelum penyederhanaan ini umumnya dipanggil aksara Tionghoa tradisional dan masih digunakan secara luas.


    2.1 Metode penyederhanaan Hanzi Simplified

    Spoiler: show
    Karakter Tionghoa yang Disederhanakan dikembangkan melalui satu dari ketiga cara berikut ini:

    1. Dengan mengurangi jumlah guratan (garisan dalam suatu aksara), baik dengan perubahan yang logis maupun dengan mengambil bentuk Kuna, varian yang lebih sederhana atau yang telah jarang digunakan. (contohnya 葉 menjadi 叶; 萬 menjadi 万)[1]
    2. Menggabungkan beberapa karakter yang sulit menjadi satu karakter yang lebih sederhana. (contohnya 隻, sebuah kata hitung untuk beberapa jenis hewan) dan 衹 (bentuk varian untuk kata "hanya") berubah menjadi 只, sebuah karakter yang sebelumnya telah ada. Perhatikan bahwa karakter tradisional 只 hanya menggantikan kedua karakter yang jarang digunakan ini dalam bentuk yang Disederhanakan saja.
    3. Memberi arti baru kepada karakter tradisional yang mempunyai guratan yang sedikit. [Contohnya 丰 (kecantikan) digunakan menjadi 豐 (makmur) dan 余 (Saya) digunakan menjadi 餘 (sisa)]. Ini sering terjadi khusunya apabila karakter dengan guratan yang lebih sedikit tersebut sudah jarang atau tidak digunakan lagi.


    2.2 Distribusi dan penggunaan Hanzi Simplified

    Spoiler: show
    Tiongkok Daratan, Singapura dan Indonesia umumnya menggunakan aksara yang telah disederhanakan tersebut. Mereka kadang muncul dalam karya cetak yang diterbitkan di Hong Kong, Makau, Taiwan, dan komunitas etnis Tionghoa di luar Asia Tenggara, meski aksara sederhana tersebut kini semakin umum bersamaan dengan semakin terbukanya Tiongkok kepada dunia. Sebaliknya, Tiongkok kini sedang mengalami peningkatan dalam penggunaan bentuk tradisional, di mana mereka dianggap terlihat lebih menarik dan sering digunakan dalam logo-logo.


    Nah,itu lah penjelasan tentang Hanzi Simplified. Ternyata di Indonesia juga dipakai loh Hanzi ini Apabila Lytogamers sedang belajar di kampus ataupun di sekolah,pasti mendapatkan Hanzi Simplified ini. Selain memang lebih sederhana,lebih mudah dipelajari juga ^^ Itulah tujuan dibuatnya Hanzi Simplified ini oleh pemerintah RRC.



    Ternyata Hanzi Simplified ini memicu kontroversial antar Tionghua sendiri. Berikut adalah penjelasannya serta sejarahnya.


    Kontroversi Huruf Tradisional Dan Sederhana [Tanggapan]
    Written by Adipranata Suryadi on 19 March 2012. (Dengan perubahan seperlunya)

    (Klik "Show" Spoiler Untuk Membuka Penjelasan)
    Spoiler: show
    Huruf Hanzi (Kanji) sendiri sebenarnya tidak pernah statis, artinya berubah mengikuti perkembangan zaman. Mulai dari penulisan pada tulang atau tempurung (jia gu wen), ukiran pada bahan logam (jin wen), ukiran pada batu jade/onix atau kayu (zhuan shu), sampai pada karakter yang ditulis menggunakan kuas dan tinta (li shu, kai shu, xing shu, chao shu). Dan sampai sekarang cara penulisan huruf hanzi dengan tinta terbagi menjadi 2 kelompok yaitu ying bi shu fa (penulisan dengan pena keras, menggunakan fountaine pen) dan ruan bi shu fa (penulisan dengan pena lembut alias kuas).

    Memang benar karakter hanzi sejak dari dinasti Song hampir tidak banyak mengalami perubahan, karena yang berubah lebih pada cara penulisan dari li shu menjadi kai shu. Manusia itu kalau sudah terbiasa dan nyaman dengan sesuatu, memang cenderung untuk menolak perubahan. Begitulah yang terjadi ketika diperkenalkan karakter hanzi simplified, banyak yang menolak.

    Taiwan sampai saat ini secara resmi hanya menggunakan karakter hanzi tradisional, walaupun sudah banyak yang protes (salah satunya adalah TV terkenal di Taiwan - Dong Feng yang terang-terangan menggunakan karakter simplified untuk logonya). Satu hal yang perlu diingat adalah karakter simplified ini bukanlah langsung muncul begitu saja dengan menciptakan huruf-huruf yang sama sekali baru tetapi ada kaidah-kaidah tertentu sehingga antara karakter tradisional dan karakter simplified masih terdapat benang merahnya dan keduanya masih mirip-mirip.

    Lalu,kenapa dalam penulisan kaligrafi selalu yang dipakai adalah karakter tradisional ? Sebenarnya yang lebih tepat adalah dalam kaligrafi, orang cenderung menggunakan karakter tradisional. Alasannya sebenarnya simple saja, karena karakter tradisional itu bentuknya benar-benar seimbang, sehingga secara komposisi/konstruksi (khan kaligrafi itu seni), karakter tradisional itu lebih cakep kelihatannya. Karakter simplified, ada yang sedikit mencong ke kiri atau ke kanan, jadi tidak full dan tidak seimbang.

    Dalam belajar karakter mandarin, sebaiknya kedua jenis karakter (tradisional dan simplified) dipelajari semua. Penulisan sehari-hari bolehlah menggunakan karakter simplified, namun penulisan surat-surat penting (nama, angka dalam kontrak/wasiat dsb) haruslah menggunakan
    karakter tradisional.



    Karakter Sederhana: Apakah Benar Perlu Menyesal?
    Written by Rinto Jiang on 19 March 2012. (Dengan perubahan seperlunya)

    (Klik "Show" Spoiler Untuk Membuka Penjelasan)
    Spoiler: show
    Apakah benar perlu menyesal atas kebijakan penyederhanaan karakter Han oleh pemerintah Tiongkok? Memang banyak yang menyesalkan kebijakan pemerintah Beijing menyederhanakan tulisan Hanzi. Namun, penyederhanaan ini jangan lantas cuma dilihat dari satu aspek, melainkan harus dilihat dari seluruh aspek kehidupan yang dipengaruhinya. Memang, sekilas pengaruh negatif penyederhanaan Hanzi ini lebih terasa dibandingkan pengaruh positifnya. Namun, tetap saja ada aspek positif yang ditimbulkannya.

    Mari, saya mau mengajak melihat bahwa efek negatif simplifikasi Hanzi tidaklah sebesar anggapan para pengguna Hanzi tradisional atau para pembenci komunis Tiongkok.

    Banyak yang mengira, penyederhanaan Hanzi itu buah karya pemerintah Beijing, salah besar. Penyederhanaan Hanzi sebenarnya sudah mulai ada di zaman dulu. Leluhur kita sudah mulai memikirkan penyederhanaan Hanzi. Sebagaimana kita ketahui bahwa bahasa Han (Tionghoa) itu terbagi atas 2 macam, klasik dan vernakular.

    Klasik itu cuma monopoli orang-orang terpelajar, vernakular itu adalah bahasa yang dituturkan sehari-sehari oleh rakyat kecil. Klasik praktis tidak berkembang, sedangkan vernakular dinamis berkembang setiap masa. Kalau tidak ada vernakular, saya jamin jumlah karakter Hanzi itu takkan sebanyak sekarang (hampir 85000 karakter). Mengapa? Karena lewat tutur kata sehari2-lah baru karakter2 itu dapat ditemukan, diciptakan dan bertambah.

    Tidak semua orang melek huruf di Tiongkok di zaman dulu, karena pendidikan hanya monopoli orang-orang terpandang, pejabat. Tata bahasa dan cara penulisan juga berbeda antara klasik dan vernakular. Klasik digunakan hanya untuk surat-menyurat dan literatur resmi, sedangkan vernakular digunakan dalam surat-menyurat pribadi. Nah, karakter sederhana sering digunakan di dalam tulisan vernakular. Karakter sederhana di literatur resmi setahu saya pernah muncul di dalam novel "Batas Air" karya Shi Nai-an dari zaman Dinasti Ming.

    Jadi, fenomena penyederhanaan karakter Hanzi ini sudah mulai ada sejak zaman baheula. Salah satu revolusi penyederhanaan karakter Hanzi adalah di zaman Dinasti Qin, di mana Kaisar Qin Shihuang membakukan standar penulisan karakter Han. Perlu diketahui, ada beribu macam cara penulisan sebuah karakter di zaman sebelumnya, sewaktu Zaman Negara-negara Berperang.

    Lalu, point kedua mengenai jumlah karakter. Jumlah total karakter Han itu 85000 buah, yang sering digunakan hanya 3000-6000 karakter. Untuk dapat membaca koran secara lancar, seseorang perlu melek 3000 karakter.

    Nah, berapa karakter yang disederhanakan oleh pemerintah Beijing?

    Jawabnya 2200 karakter lebih. 2200 karakter ini kalau dibandingkan dengan 85000 karakter berapa prosentasenya? 2200 karakter ini secara goresan dan bentuknya, bedanya tidak lebih 25% bila dibandingkan dengan karakter tradisional. Memang, bagi saya yang melek tradisional, karakter sederhana itu sangat jelek kelihatannya. Namun, saya akui, bila menulis tangan, saya tak punya banyak waktu untuk menulis satu2 itu karakter tradisional. Terkadang, seni dan budaya harus diletakkan pada porsinya yang tepat. Saya lebih memilih menghemat waktu dan tenaga beberapa goresan. Efisiensi ekonomi dan waktu yang saya dapatkan, akan saya luangkan untuk menikmati seni dan budaya tadi.

    Jadi, jumlah karakter sederhana sebenarnya hanya kecil prosentasenya dibanding dengan jumlah total karakter Hanzi. Lalu, kita harus membedakan waktu bekerja dan waktu menikmati karya seni. Jangan menulis kaligrafi sewaktu bekerja dan jangan bekerja sewaktu menulis kaligrafi. Boros waktu kerja dan tidak dapat berkonsentrasi menikmati seni.



    Tambahan :
    1. Jepang pertama kali menyederhana penulisan karakter Hanzi (kanji) secara besar2an. Namun tetap saja hanya sebagian kecil dari komposisi karakter kanji yang digunakan di Jepang. Ini sudah lebih baik daripada Korea yang mengabolisi karakter Hanja mereka dan menggantikannya dengan karakter Hangul yang digunakan sekarang.

    2. Singapura juga punya karakter sederhana versi mereka sendiri. Banyak orang yang selalu salah paham kalau Singapura itu menggunakan karakter sederhana yang sama persis dengan RRT. Kira2 ada 600-an karakter yang berbeda di antara versi sederhana
    Singapura dan RRT.

    3. Malaysia juga punya kebijakan menggunakan karakter sederhana, namun versi mereka mengambil rujukan dari RRT sehingga sama persis dengan RRT.

    4. Di Indonesia (terutama orang2 'tua') lebih banyak menggunakan karakter tradisional. Hal ini bisa dilihat pada undangan perkawinan, yang hampir semuanya menggunakan karakter tradisional. Memang lebih enak menggunakan karakter tradisional, terutama karena adanya beberapa penyederhanaan yang membingungkan.
    Tetapi, dengan semakin majunya RRC, karakter sederhana akan semakin banyak dipakai. Mau tidak mau, kitapun harus menggunakan karakter sederhana.


    ================================================== ======

    Inilah semua aspek tentang Mandarin Traditional dan Simplified. Jika saya ditanya suka yang mana? Saya lebih suka Simplified karena dari Simplified inilah saya jadi lebih bisa membaca bahasa Mandarin secara otodidak Walaupun memang harus diakui,Hanzi nya jelek2 dan gak ada seninya

    Semoga Thread ini bisa menjadi pengetahuan buat semua Lytogamers


    Sumber :

    >>Hanzi Traditional<<

    >>Hanzi Simplified<<

    >>Kontroversi<<

    >>Kesimpulan<<
    Respect with this RULES!!
    Kritik & saran? >DISINI<
    My Diary: >>DISINI<<
    About Mandarin: >>DISINI<<

    InGame:
    CK2: -ProJecT-D- Angelmayor (lv. 194 Expert)

    Update New Limited Edition Karts



    Update New Avatar


  2. #2
    Stripes Fur Racoon

    bgtigor is on a distinguished road bgtigor's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Dihatimu :*
    Posts
    1,165
    Rep Power
    1

    Default

    bang yor, gw mumet memahaminya
    hahahah butuh guru private ne buat les bahasa mandarin yg baik dan benar

  3. #3
    Big Eyes Lynx

    angelmayorz will become famous soon enough angelmayorz will become famous soon enough angelmayorz's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Kalliope Channel 1,Sweety Server Channel 1,F1 Server Umum 1,Alpha Server Channel 1
    Posts
    2,629
    Rep Power
    1

    Default

    Quote Originally Posted by bgtigor View Post
    bang yor, gw mumet memahaminya
    hahahah butuh guru private ne buat les bahasa mandarin yg baik dan benar
    hahaha,tanya aja kalo berita di atas kurang mengerti nanti saya pasti coba jelasin
    Respect with this RULES!!
    Kritik & saran? >DISINI<
    My Diary: >>DISINI<<
    About Mandarin: >>DISINI<<

    InGame:
    CK2: -ProJecT-D- Angelmayor (lv. 194 Expert)

    Update New Limited Edition Karts



    Update New Avatar


  4. #4
    Dotted Rain Deer

    radittya29 has a spectacular aura about radittya29 has a spectacular aura about radittya29's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Tanah
    Posts
    5,813
    Rep Power
    1

    Default

    soal UTS/UAS kata laoshi makenya yg masih jadul
    tpi kalo nulis di buku kotak kotak makenya yang modern

  5. #5
    Doodling Rooster

    pay2play is an unknown quantity at this point pay2play's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Posts
    265
    Rep Power
    0

    Default

    nice share...sepengalaman gw, intinya buat yang baru2 belajar sekarang ini masih beruntung..kebanyakan sekarang memakai Simplified

    Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya


  6. #6
    Big Eyes Lynx

    angelmayorz will become famous soon enough angelmayorz will become famous soon enough angelmayorz's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Kalliope Channel 1,Sweety Server Channel 1,F1 Server Umum 1,Alpha Server Channel 1
    Posts
    2,629
    Rep Power
    1

    Default

    Quote Originally Posted by radittya29 View Post
    soal UTS/UAS kata laoshi makenya yg masih jadul
    tpi kalo nulis di buku kotak kotak makenya yang modern
    Oh iya,itu udah pasti soalnya kan tergantung pemakaian seperit penjelasan di atas. Kalo untuk yang resmi sebaiknya memang pake yang traditional. Tapi sekarang gara2 sering denger lagu mandarin,malah ngertinya yang simplified gara2 text hanzi nya simplified smua

    Quote Originally Posted by pay2play View Post
    nice share...sepengalaman gw, intinya buat yang baru2 belajar sekarang ini masih beruntung..kebanyakan sekarang memakai Simplified
    iya. . . dulu pas masih SMP gw campur itu,tp dominan simplified sih. Enaknya cuma buat nulis yang urgent ato mendadak aja.
    Respect with this RULES!!
    Kritik & saran? >DISINI<
    My Diary: >>DISINI<<
    About Mandarin: >>DISINI<<

    InGame:
    CK2: -ProJecT-D- Angelmayor (lv. 194 Expert)

    Update New Limited Edition Karts



    Update New Avatar


  7. #7
    Hot Chick

    siren69 has a little shameless behaviour in the past siren69's Avatar
    Join Date
    Nov 2011
    Location
    Indonesia
    Posts
    88
    Rep Power
    0

    Default

    nimen hao
    menurutku paling enak belajar mandarin simplified kalo yang tradisional masih belom bisa

    Fei Fei


  8. #8
    Baby Guinea

    issaura99 is an unknown quantity at this point issaura99's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Posts
    629
    Rep Power
    1

    Default

    faktor sejarah yang jadi penentu jugaa,,,mandarin tradisional dlunya banyak digunakan di seluruh china selama berabad-abad,,dengan adanya komunis china...jadi berubah karena revolusi kebudayaann -_-
    hahaha

+ Reply to Thread

Bookmarks

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts