PDA

View Full Version : Vegetarian inside



squallleon7
19-03-2010, 01:25 PM
sebelumnya aku jelasin dulu yah, vegetarian itu ada bermacam2 jenis, ambil contoh dalam American Dietetic Association disebutkan:

jenis yang pertama lacto ovo vegetarian adalah individu dengan pola konsumsi makanannya mengandung biji-bijian, serealia, sayuran (termasuk umbi-umbian), buah-buahan, kacang-kacangan, susu, telur, dan produknya.

Kedua, lacto vegetarian, vegetarian yang masih mengkonsumsi susu dan berbagai produk olahan susu seperti yoghurt, mentaga sampai keju, perbedaan dengan jenis pertama adalah lacto vegetarian ini tidak mengonsumsi telur.

Selanjutnya ketiga, adalah tipe vegan atau vegetarian total, yakni vegetarian murni di mana individunya sama sekali tidak mengonsumsi unsur hewani dan semua produk hewani dan hanya mengkonsumsi bahan makanan dari tumbuh-tumbuhan (kwartet nabati). Tipe ini adalah tipe vegetarian yang pada umumnya karena aliran kepercayaan.

nah yg plg berat adalah tipe ke 3, vegan murni, krn biasanya mereka jg berpantang sama jenis tumbuhan tertentu yaitu "keluarga bawang",jd segala macam bawang2an, contoh bawang merah,bawang putih,bawang bombay,dll ga bole dimakan.
Lalu kebersihan alat makan/masakpun harus dijaga, jadi alat masak yg habis dipakai untuk memasak daging,sesudahnya harus dicuci bersih2 dulu, panci yg habis dipakai merebus daging harus dicuci dulu sesudahnya,demikian jg dgn minyak yg habis dipakai untuk memasak daging ga bole dipakai lg untuk memasak makanan vegetarian ini, berat banged kan?

Untuk para pemula sebaiknya coba menjadi vegetarian jenis pertama,dimana olahan susu,telur masi diperbolehkan.
Lalu yg ga kalah penting adalah menjaga konsistensinya,kamu harus punya alasan kuat untuk bener2 menjalani hidup sbg vegetarian. Tp selama masi dlm taraf "belajar" ga ada salahnya mengkonsumsi daging hewan sekali2, tapi bener2 dibatasi misalnya sebulan sekali aja,n kl bulan ini dah makan daging yah besok2nya usahakan ga makan lagi, n sebaiknya "kesempatan" itu disimpan sampai bener2 diperlukan,krn kehidupan sosial kita kan kadang menuntut "harus makan daging" misalnya pas ditraktir temen makan diluar,ato ada undangan nikah, dsb.

Gaya hidup nondaging ini memang bukan sesuatu yang baru. Konon, istilah vegetarian yang bermakna ”dengan atau tanpa telur atau produk dairy(susu)”sudah dipopulerkan sejak 1847 oleh Joseph Brotherton dari Inggris. Kini,Indonesia pun sudah punya komunitas vegetarian bernama Indonesia Vegetarian Society (IVS). Banyak alasan mengapa seseorang memutuskan hidup tanpa konsumsi bahan-bahan hewani,antara lain faktor kesehatan, agama,moral,budaya, lingkungan, estetika,danselera.
Dimasa kini, alasan kesehatan tampaknya paling mengemuka, seiring tren healthy food dan kesadaran masyarakat akan maraknya penyakit yang disebabkan pola makan tidak sehat. Gaya hidup vegetarian konon dapat membuat awet muda, panjang umur, meningkatkan kualitas kesehatan, dan secara signifikan mengurangi risiko kanker, dan penyakit lainnya.

Banyak loh tokoh2 dunia n selebritis dunia yg sudah menjadi vegetarian, contohnya :
Mahatma Gandhi,Madonna, Victoria Adams, Paul McCartney dan istrinya (Linda McCartney), Brad Pitt, Vanessa Williams, dan Yoko Ono.

squallleon7
19-03-2010, 01:26 PM
Berikut ini ada beberapa tips dan kiat bagi siapapun anda yang ingin merubah pola makan dan hidup anda menjadi seorang vegetaris:

1 Carilah informasi yang tepat tentang Hidup vegetarian dari sudut pandang Kesehatan, apa yang harus di makan dan kombinasi makanan yang pas.
2 Pahami beberpa jenis atau kategori dari Vegetarian disini atau melalui sumber lainnya.
3 Siapkan mental dan katakan dalam hati dan pikiran bahwa anda siap memulai menjalankan hidup Vegetarian mulai detik ini juga, hal ini penting untuk menanamkan dan menguatkan hati dan pikiran anda untuk memulai hidup vegetarian, tentunya setalah anda membaca dan membuktikan testimonial atau pendapat dari para ahli dan kaum vegetaris di dunia.
4 Hari pertama ( minggu pertama), anda dapat mencoba dengan tidak memakan makanan yang berasal dari hewan atau binatang yang berkaki empat .
5 Hari pertama (minggu kedua), setelah anda berhasil tidak mengkonsumsi makanan dari hwan berkaki 4, maka selanjutnya anda tidak mengkonsumsi makanan dari hewan atau binantang berkaki 2
6 Hari Pertama (minggu ketiga), anda bisa melanjutkan dengan pola dengan tidak memakan makanan dari bangsa ikan, burung atau unggas
7 Hari Pertama (miggu ke-empat) anda sekarang sudah melewati tiga hal utama dalam memulai hidup vegetarian , pada minggu anda tidak lagi mengkonsumsi Telur atau produk makanan yang mengandung unsur hewani

squallleon7
19-03-2010, 01:26 PM
Komala's Indian Resto

http://i16.photobucket.com/albums/b50/qiqi_anne/wisata/235806584_bc3fcb2621.jpg

Komala's Indian Resto adalah resto India yang mengkhususkan pada makanan vegetarian khas India. Semua makanan di sini ngga ada yang menggunakan daging, jadi kalau baca di menunya memang ada menu chicken, mutton, de el el, tapi kata mas waiternya itu semua dibuat dari gluten (bahan khusus untuk menu vegetarian) sehingga rasanya mirip dengan daging asli.

Beberapa menu yg tersedia :

1. V4 (value meal no. 4 alias paket) isinya : Masala Dosai + Vadai & Idly + Aqua
Masala Dosai sendiri adalah sejenis crepes yang berisi mashed potato. Vadai bentuknya bulat kayak donat, tengah2nya bolong, sementara Idly kayak kue apem. Makanan2 ini disantap sambil dicocol ke kuah kari & ada 2 jenis cocolan gitu.

2. Tomato Uthappam
Menu yg ini mungkin bisa disebut pizzanya India, bentuknya bulat besar kayak pizza. Terbuat dari tepung dan toppingnya berupa tomat . Rasanya agak gosong2 dikit, ada asem2nya tomat dan cara makannya juga sama kayak Masala Dosai, dicocol ke kuah kari + 2 cocolan lain.

3. Mango Lassi
Minuman seger banget..... dibuat dari jus mangga + susu/yogurt. Rasanya asam2 gitu, mirip yogurt, enaaaaaakkk.....

http://i16.photobucket.com/albums/b50/qiqi_anne/wisata/235806585_535f18163c.jpg

4. Pista Ice Cream
Ice cream warna hijau yang enak... di atasnya ditaburin kacang Pistachio dengan jumlah yg irit banget alias sedikit.

V4 (Masalah Dosai, Vadai, Idly, Aqua) Rp. 35.900
Tomato Uthappam Rp. 18.900
Mango Lassi Rp. 13.900
Pista Ice Cream Rp. 6.900
*belum termasuk 10 % pajak

*sumber: wisataboga

squallleon7
19-03-2010, 01:27 PM
ini ada info beberapa restoran vegetarian di kota2 besar di Indonesia:

WILAYAH DKI JAKARTA


Sherly Salon Disc. 15 %
Jl. Jelambar Barat I No. 22B
Jakarta Barat
(021) 5675085

Mudita Vegetarian Restaurant Disc. 10%
Jl. Batu Ceper No.7, Jakarta Barat
(021) 3806739

MAITRI R.M. Vegetarian, Disc. 10%
Jl.Keamanan No. 29A, Jakarta Barat
(021) 6398396

Rumah Makan Bodhi, Disc. 10%
Jl. Keagungan No.63
(Dekat Kel. Keagungan)
Jakarta Barat

Lotus Vegetarian, Disc. 5%
(Senin - Sabtu)
Taman Duta Mas D8/32, Jakarta Barat
(021) 5678759

96 Vegetarian Fastfood, Disc. 5%
Jl. Kebun Jeruk I No.53A (Sawah Besar), Jakarta-Barat
(021) 6495216, Hp. 0818.909129

Restoran Vegetarian Nurani, Disc. 10 %
Pangeran Jayakarta Center Blok H,
Jl. Pangeran Jayakarta No.8-9,
Jakarta Pusat
(021) 9175891/6000236

Rumah Makan Vegetarian, Disc.10%
Jl. Karang Anyar Raya No.53-54, Kompleks Karang Anyar Permai
Blok A-20, Jakarta Pusat

Cita Rasa Vegetarian Restaurant, Disc.10%
Gedung Pluit Bakery,
Jl. Pluit Kencana Raya No.106-110, Jakarta Utara
(021) 6694220/6610983

Restoran Vegetarian Nurani Disc. 10%
Jl. Muara Karang Raya No.257,
Jakarta Utara
(021) 6611735

Padmanadi Restaurant, Disc. 10%
Komplek Mitra Bahari,
Jl. Pakin No.1 Blok A No.11A-12,
Jakarta Utara
(021) 6625131-2

Pondok Murah Meriah, Disc. 10%
Kelapa Gading Permai Jl. Sumagung III Blok F3 No.2, Jakarta Utara
(021) 4523377


WILAYAH SEMARANG, SURABAYA DAN BALI

Rumah Makan Asia, Disc. 10 %
Jl.Panggung Mas Timur IV/C No. 19 Tanah Mas,
Semarang , (024) 515239/521216

Rumah Makan Sedep, Disc. 10%
Jl. MT. Haryono No.30, Semarang 50122,
( (024) 546659

Restaurant Miramar, Disc. 10% (Card), 15% (Cash)
Semarang Plaza Lt.4, Jl.H.Agus Salim No.7,
Semarang, (024) 517783-5

Rumah Makan Gajah Mada, Disc. 10 %
Jl. Gajah Mada No.43, Semarang
(024) 543753

Ahimsa Vegetarian Restaurant, Disc.15%
Jl. Walikota Mustajab No.72, Surabaya
(031) 5350466

Happy Buddha Vegetarian Restaurant, Disc. 10 %
Jl.Raya Kuta –Tuban 99 M (82 C) Bali
(021) 8357417


WILAYAH SAMARINDA, PONTIANAK DAN UJUNG PANDANG

Roll Tart & Cake, Disc. 10 %
Jl. Sultan Alimudin Rt.21 No.44 Kel. Selili,
Samarinda , (0541) 240144

Optik Kalimantan, Disc. 10 – 20 %
Jl. Imam Bonjol No.37, Samarinda
(0541) 43351

Depot Vegetarian Maitri, Disc. 10%
Jl. Nahkoda Blok I/No. 2, Samarinda
(0541) 203106

R.M. Vegetarian Kabar Gembira, Disc. 10%
Jl. Siam No. 206, Pontianak, Kalimantan Barat
(0561) 41605

Depot Vegetarian Maitri, Disc. 10%
Jl. S. Poso No.59, Ujung Pandang
(0411) 327427


WILAYAH PALEMBANG, RIAU DAN MEDAN

R.M Vegetarian Padmamula, Disc. 15%
Jl.Dempo Dalam No. 999 EF, Palembang
(0711) 356571

R.M. Vegetarian Fifien, Disc. 10%
Jl. Bungur II No. 1326 Kel. 20 Ilir, Palembang
(0711) 368442

R.M. Vegetarian Sukses Permai,
Disc. 10% (Pelajar), 5% (Umum)
Jl. Tembesu No. 1125, Palembang, (0711) 315343

Toko dunia Arloji, Disc. 20%
Jl. TP. Rustam Effendi No. 610, Palembang
(0711) 366433

Perusahaan Bunga Res’tu Mulia, Disc. 10%
Jl. Bangau No. 4996, Palembang
(0711) 313973

R.M. Vegetarian Harum Lestari, Disc. 15%
Jl. Sengeran No. 129 Ilir,
Palembang

Kantin vegetarian Maitreya Khirti, Disc. 10%
Jl. Tembesu Gg. Sariputra No. 385, Palembang
(0711) 354194

Restoran Sinar Vegetarian, Disc. 10%
Komp. Bumi Indah Blok III No. 35, Nagoya – Batam
(0778) 457298

Sinar Bodhi Restaurant Vegetarian, Disc. 10%
Jl. Bakar Batu No. 53, Tanjung Pinang – Riau,
(0771) 27388

Rest. Sumatra Vegetarian, Disc. 5%
Jl. K.S. Tubun II d/n Sumatra No. 59/77, Medan
( (061) 569020


* program diskon adalah Harga Khusus untuk Anggota KVMI

IF You Wanna join us, please contact :
KELUARGA VEGETARIAN MAITREYA INDONESIA
(Indonesia Maitreya Vegetarian Family)
Pusdiklat Buddhis Maitreyawira, Taman Duta Mas A8
Jl. Tubagus Angke, Jakarta Barat - 11460
Telp. (021) 5676558, Fax. (021) 5676560
e-mail : infovegetarian@yahoo.com


Healthy Choice Kemang

http://i16.photobucket.com/albums/b50/qiqi_anne/wiskul/090706114301hc1.jpg

Organic Store & Resto

Kemang Raya No. 32
Kemang - Jakarta Selatan

Telepon : (021) 719-8482
Kategori : Vegetarian

squallleon7
19-03-2010, 01:27 PM
Sate Vegetarian, Lezat dan Lebih Sehat!

http://i16.photobucket.com/albums/b50/qiqi_anne/msesatevege.jpg

Mau makan sate ayam atau kambing tanpa takut kolestrol atau darah tinggi naik? Coba saja nikmati makan siang kali ini dengan sate vegetarian. Sate yang terbuat dari gluten ini rasanya tak kalah dengan sate daging asli, bahkan selain lezat juga lebih menyehatkan. Mau coba?

Buat mereka penganut vegetarian mungkin sudah tak asing dengan sate vegetarian. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan vegetarian? Vegetarir adalah sebutan bagi mereka yang menjalankan pola hidup tanpa mengkonsumsi bahan makanan hewani dan memilih untuk mengkonsumsi bahan makanan nabati. Sedangkan vegetarian adalah aliran atau paham yang emnganut gaya hidup tersebut. Nah, oleh sebab itu pula sate vegerarian ini dibuat tidak menggunakan daging asli melainkan gluten.

Pertama-tama gluten yang terbuat dari tepung terigu ini dipotong-potong kecil dan ditusuk lidi. Lalu diberi bumbu-bumbu dan kecap jamur sehingga rasa dan baunya tak jauh beda dengan sate asli lalu dibakar. Gluten yang rasanya berserat seperti daging ini tinggal dibubuhkan kecap manis dan pedas sambal agar rasanya makin enak saja.

Untuk pilihan sate vegetarian ini memiliki bermacam pilihan seperti sate ayam, sate kambing, dan sate babi. Bumbunya juga bisa beragam. Bumbu kelapa, bumbu kacang, bumbu kecap atau pakai bumbu kari. Citarasanya dijamin persis seperti sate dari bahan hewani. Tetapi tak usah khawatir karena semuanya dijamin sehat, halal, dan lezat. Ingin mencicipi sate a la vegetarian siang ini? Berikut restoran yang bisa Anda tuju siang ini:

Hope (House Of Peace)
Vegetarian Cuisine
Jl. Erlangga V No.8, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan
Telp: 021-7248108

Citarasa Vegetarian Resto
Boulevard Raya Blok RA 19 No.21
Kelapa Gading, Jakarta Utara
Telp: 021-45843139/40

New Age Cafe
Ruko Grand ITC Permata Hijau
Blok Sapphire No. 28
Jakarta Selatan
Telp: 021-53663287

Tehe Vegetarian
Jakarta Int'l Expo
Pintu 2 JIExpo, Blok J
Jakarta Pusat
Telp: 021-26645577

Rumah Makan Vegetarian Gloria
Jl. Sutera Niaga 1 No.56
Alam Sutera, Tangerang
Telp: 021-539 8406

squallleon7
19-03-2010, 01:28 PM
7 Langkah Mudah Menjadi Vegetarir

http://i16.photobucket.com/albums/b50/qiqi_anne/wiskul/bbvegebsr.jpg

Pernah berpikir ingin menjadi seorang vegetarir? Penganut vegetarian kini semakin banyak terutama mereka yang memilih gaya hidup ini untuk alasan kesehatan. Awalnya memang sulit terutama bagi mereka yang pemula, namun tips-tips berikut bisa membuat Anda lebih mudah menjalaninya!

Yang dimaksud vegetarian adalah aliran atau paham yang menjalankan pola hidup tanpa mengkonsumsi makanan hewani dan memilih untuk mengkonsumi bahan makanan nabati. Sedangkan orang yang menjalankan pola hidup tersebut disebut dengan Vegetarir. Ada banyak alasan seseorang menjadi penganut vegetarian diantaranya untuk alasan religi, kesehatan, dan berkaitan dengan sikap etis terhadap hak asasi hewan.

Kini menjadi seorang vegetarir bukan hanya karena alasan religi, melainkan sudah menjadi gaya hidup sehat bahkan trend. Memang untuk menjadi penganut vegetarian tidaklah mudah, apalagi jika selama ini Anda sering mengkonsumsi bahan makanan hewani. Oleh karena itu Anda pun harus memahami yang menjadi motivasi Anda untuk menjadi seorang vegetarir.

Menjadi vegetarir adalah sebuah pilihan bukan paksaan. Pertimbangkan untuk melakukannya secara bertahap dan bukan secara instan. Sebenarnya hal tersebut terjadi karena kurangnya asupan nutrisi yang ia dapat sebab ia tak tahu kandungan gizi dari makanan yang harus dikonsumsinya.

Jika Anda berpikir untuk menjadi seorang vegetarir, berikut tips-tips yang bisa Anda pertimbangkan untuk memulainya:

1. Sebagai vegetarir pemula memang tidak mudah menjalaninya. Nah, agar asupan gizi tetap terpenuhi ada baiknya berkonsulasilah terlebih dahulu dengan ahli gizi. Atau bisa juga dengan bergabung di komunitas vegetarian yang sudah terbentuk seperti IVS atau lainnya. Hal tersebut dapat membuat Anda tahu lebih banyak tentang kehidupan vegetarian.

2. Jika belum terbiasa lakukan secara bertahap. Misalkan saja dengan mulai mengkonsumsi sayur-sayuran segar, tofu, kacang-kacangan dan bahan nabati lainnya selama seminggu 3 kali. Selain itu bisa juga mengubah kebiasaan dengan mengkonsumsi setengah porsi daging dan sisanya sayuran. Lakukan secara rutin hingga Anda benar-benar bisa berhenti mengkonsumi bahan makanan hewani.

3. Makanlah jenis kacang-kacangan yang tepat karena penting bagi tubuh. Misalkan saja gandum yang mengandung banyak protein, serat, dan nutrisi yang sebanding dengan nasi putih. Sedangkan omega 3 bisa diperoleh dari minyak jagung serta sayuran berwarna hijau seperti brokoli, bayam, dll.

4. Makanan vegetarian kini makin bervariasi. Cobalah untuk berkreasi dengan bahan bahan makanan nabati di dapur atau bisa juga pergi ke restoran vegetarian yang kini banyak bertebaran. Jadi tak usah khawatir jika makanan vegetarian itu membosankan.

5. Pikirkanlah tentang banyaknya keuntungan yang bisa Anda peroleh menjadi vegetarian. Dilihat dari sumber makanannya protein Vegetarian bisa diperoleh dari tempe, kacang-kacangan dan biji-bijian. Vegetarian membantu Anda mengurangi resiko terkena hipertensi karena mengkonsumsi banyak potassium yang bisa menurunkan tekanan darah. Rendahnya lemak jenuh dan tingginya serat yang larut bisa menurunkan kolesterol. Jelas selain menguntungkan bagi kesehatan juga bisa menghemat pengeluaran.

6. Menurut lembaga riset American Institute dikatakan bahwa, orang yang mengkonsumsi sayuran hijau dan berolahraga secara teratur biasanya dapat mengurangi resiko terkena kanker hingga 30%-40%. Ini bisa jadi satu lagi alasan positif buat Anda menjadi vegetarir.

7. Salah satu tujuan menjadi vegetarian adalah membuat bumi menjadi lebih baik, terutama mereka yang memiliki alasan etis terhadap hak asasi hewan seperti yang dilakukan oleh WWF atau PETA. Dengan mengacu pada alasan tersebut akan lebih mudah bagi Anda untuk mulai lebih banyak mengkonsumsi makanan nabati.

Menjalani hidup sebagai vegetarian kini bukan hanya dilakukan oleh orang dewasa. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa vegetarian bisa dilakukan mulai dari anak-anak, ibu hamil, ibu menyusui, bahkan lansia sekalipun. Sekali lagi menjadi seorang penganut vegetarian merupakan salah satu pilihan hidup Anda!

squallleon7
19-03-2010, 01:29 PM
Chang Sow Vegetarian Restaurant Sunter Danau Agung

http://i16.photobucket.com/albums/b50/qiqi_anne/wiskul/vegetarian-soup-baso.jpg

Jl. Sunter Danau Agung 2 Blok E10 No. 5011
Sunter - Jakarta Utara

Telepon : (62-21) 645 9182
Kategori : Buffet, Vegetarian

Ada banyak menu daging yang sebetulnya berasal dari bahan non-daging. Diantaranya jenis dimsum, seperti Siew Mai, Hakau, Cah Siew Pau, Nau Yu Pau, Tau Sa Pau, Mantau, dan Chi Cong Fan. Ada juga Steamboat, Soup dan beragam campuran ``daging`` lengkap mulai dari ikan, squid (cumi), haisom, udang, ayam, bebek, babi, dan sapi. Yang perlu digarisbawahi, semuanya dijamin bukan daging. Selain itu ada juga aneka sayuran. Nah, kalau yang ini dijamin betul-betul sayur.

Chi Cong Fan Udang
Penampilan luarnya jelas sama dengan yang non vegetarian. Kulit yang terbuat dari tepung beras diguyur kuah kecokelatan ramuan kecap asin dan bumbu lainnya. Kemudian ditaburi irisan tipis lobak goreng di atasnya.
Tampil memikat, tidak terlihat ini bukan chi cong fan biasa. Ketika salah satu saya ambil ke piring, terbelah dan terlihat isinya ada ``udang`` di dalamnya. Serupa dengan warna merah oranye-nya udang, walaupun yang ini terbuat dari tepung khusus.
Rasanya? Buat yang biasa makan Chi Cong Fan Udang pasti bisa membedakan. Tapi untuk para vegetarian, bisa jadi pengobat rindu kalau kangen chi cong fan yang orisinal.

Vegetarian Soup Baso Campur
Aroma kuah dan tampilannya begitu menggoda. Dengan isi yang cukup meriah, seperti tomat, bakso urat, bakso tenis, bakso udang, jamur merang, jamur iyoko, ham, dan daun seledri. Kuah kaldunya terasa cukup sedap, dengan bakso yang terasa serat dan gurih daging. Apalagi bakso tenisnya, enak! Dan yang pasti. semua bakso-bakso di menu itu tidak terbuat dari daging.

Tomiau Cah Kichi
Yang satu ini adalah menu sayur kesukaan saya. Di Changsow, tomiau yang segar, renyah dan garing ini diolah dengan tepat. Dipadukan dengan kichi yang merah dengan rasa manis dan asam. Jadi klop. Sedangkan kuahnya terasa rona saos tiram vegetarian, gurih dan beraroma sedap. Buat saya, menu ini pantas dapat acungan dua jempol! Mantap!

Katatada
19-03-2010, 03:47 PM
Salut gw,, ternyata masih ada orang yang ingin menyebarkan Vegetarian di forum^^

sweetdenz90
31-05-2010, 04:46 AM
pengin vegi rasanya..
tp gx tau kuat apa kga/b-malu2

forumlyto123
16-06-2010, 10:14 AM
kk and cc sekalian tolong ajarkan saya bagaimana menjadi seorang vegetarian tolong share dong pengalamanya menjadi vegetarian thanks

ashreychan
16-06-2010, 09:24 PM
Vegetarian itu ada 3 setahu saya loh kk

1. Vegetarian yang masih mengkonsumsi produk2 yang dihasilkan hewan cth: susu, telur

2. Vegetarian yang hanya memakan sayur dan buah

3. Vegetarian yang hanya memakan buah yang sudah jatuh dari pohonnya (matang sendiri) mereka pantang emmakan sayur/buah yang d ambil dengan melukai/merusak pohonnya.

buat lebih lanjut cek ke thread kk squalleon aja di http://forum.lytogame.com/showthread.php?t=7628&highlight=vegetarian