PDA

View Full Version : Kerak Telor Betawi :D real taste of Jakarta!



nekonekomilk
29-06-2012, 12:02 AM
Hmm... Kerak telor??? Pasti warga jabodetabek sudah familiar dengan makanan ini... Tapi apakah warga diluar tahu??? Mungkin beberapa sudah tahu karena sempat beberapa kali ditayangkan di televisi...

Tapi apa ya asal usulnya??? Yuk cekidot... /p-senyum

" Kerak Telor adalah makanan asli Betawi yang sudah ada sejak zaman dahulu dan merupakan makanan khas Jakarta yang sudah mulai langka dijumpai. Keberadaannya mulai tergilas seiring pesatnya serbuan fast food di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini menjadikan kerak telor semakin terpojok dan kehadirannya pun pudar ditelan jaman.

Pada masa kolonial Belanda dahulu, kerak telor sempat menjadi makanan elit khas Betawi yang terkenal kelezatan rasanya. Makanan ini dihidangkan saat pesta dan hajatan besar para pembesar pada masa itu. Namun semakin bergulirnya waktu, kehadiran kuliner-kuliner barat menggeser pesona kerak telor ini.

Semakin tergusurnya makanan khas betawi ini, terkadang membuat rasa kangen untuk kembali mengenang pada masa betawi tempo dulu. Kerak Telor adalah makanan khas Betawi, dengan bahan olahan seperti beras ketan putih, telur ayam/bebek, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica, garam, dan gula butiran/pasir. Cara masaknya juga cukup unik. Ketika kerak telor telah setengah matang maka wajan pemasaknya dibalikkan dan kerak telor dibiarkan langsung terkena panas arang dari anglo sehingga kemudian menjadi sedikit gosong. Mungkin ini yang dinamakan keraknya. "

sampai sekarangpun, sang penjual masih menggunakan peralatan tradisionalnya... Dan biasanya mereka tergabung dalam sebuah kelompok Betawi dan mewariskannya turun temurun... Rata-rata penjualnya adalah abang-abang alias laki-laki... Cekidot~!


http://img715.imageshack.us/img715/8620/keraktelorarticleimage.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/715/keraktelorarticleimage.jpg/)


Tapi sekarang di mall sudah banyak yang menjual kerak telor ini... dengan harga yang berbeda pastinya...

sumber: http://syahrinrahimi.blogspot.com/2011/11/kerak-telor.html

Merasa jauh dari Jakarta??? Ga usah pusing... Coba aja masak sendiri yukk... XD


http://img442.imageshack.us/img442/1561/keraktelor.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/442/keraktelor.jpg/)

Bahan :
100 gr beras ketan putih, dicuci bersih dan direndam dengan air kurang lebih 2 jam
4 butir telur bebek/ayam
4 sdm bawang goreng
4 sdm serundeng
4 buah cabai rawit, iris halus
2 sdt garam
1 sdt lada bubuk
1 sdt gula pasir
4 sdm ebi bubuk

Cara membuat :
Panaskan penggorengan kerak telur hingga cukup panas.
Masukkan satu sendok makan sayur ketan yang sudah direndam beserta airnya (sekitar 50 gr), tutup dan masak kurang lebih 2 – 3 menit.
Buka tutupnya, kemudian beri 2 butir telur, 2 sdm bawang goreng, 2 sdm serundeng, 2 sdm ebi, 2 buah cabai rawit, 1 sdt garam, 1/2 sdt lada bubuk dan 1/2 sdt gula pasir, aduk rata.
Ratakan disisi penggorengan kurang lebih berdiameter 20 cm, tutup dan masak kembali hingga harum
Balik penggorengan kerak telur hingga terjilat api dan permukaan atas harum terbakar.
Lalukan cara yang sama untuk bikin kerak telur yang berikutnya. Sajikan.

Untuk 2~4 porsi.

sumber: http://cuek.wordpress.com/2007/10/04/kerak-telur-betawi/

XD selamat mencoba~ semoga kita makin mencintai kebudayaan Indonesia~ treng~

endoeng8
05-07-2012, 02:41 AM
wahhh nice tread nihh tapii ,,, di PRJ lagi ada yg juall tuh ,,,
/gg

nekonekomilk
07-07-2012, 02:41 PM
wahhh nice tread nihh tapii ,,, di PRJ lagi ada yg juall tuh ,,,
/gg


/gg gpp... ini buat momod wiskul kita yang belom bisa ke jakarta...

soroga
07-07-2012, 02:59 PM
wow ... yang paling asik dari kerak telor itu baunya yang enak banget @.@

kalau soal rasa sih relatif enak ...

tapi ya itu ... baunya wangiiiiiiiiiiiiiiiiiii ... ngalahin makanan lain ...

kalau bisa dibilang ... ini makanan paling merangsang hidung d(^.^)

radittya29
07-07-2012, 03:01 PM
nice thread nih
syangnya mending beli yg di PRJ
ada bumbu rahasianya yg ga disebut diatas

batak29
07-07-2012, 06:04 PM
/gg gpp... ini buat momod wiskul kita yang belom bisa ke jakarta...

huk huk maksud saya ya hahhahahahaha......

hahahahideehhhhh....aku dah pernah kok nyoba kerak telor walaupun gak tahu dijakarta mana yang enak tapi dah pernah coba kok........soal y dia lewat depan rumah sepupu aku panggil deh hahahaa

endoeng8
07-07-2012, 07:19 PM
huk huk maksud saya ya hahhahahahaha......

hahahahideehhhhh....aku dah pernah kok nyoba kerak telor walaupun gak tahu dijakarta mana yang enak tapi dah pernah coba kok........soal y dia lewat depan rumah sepupu aku panggil deh hahahaa

beda tuh yg jual di tempat mu sama di sini ,,tapidi jakarrta mah yg jual jarang mang batak ,,,, kalo ada juga yah di saat" jakarta ultah kek gini ,,,,

/gg

eaglehunter
07-07-2012, 08:33 PM
aku suka banget sama kerak telor ini
tapi sayang harganya mahal
padahal isinya sedikit banget gitu.

/e2

batak29
07-07-2012, 08:56 PM
beda tuh yg jual di tempat mu sama di sini ,,tapidi jakarrta mah yg jual jarang mang batak ,,,, kalo ada juga yah di saat" jakarta ultah kek gini ,,,,

/gg

lah aku justru icipin y di jakarta sana dolo hahahahhahahahaa..............

tahun 2004 doloe aku ke jakarta hahhahahaa........

radittya29
07-07-2012, 09:22 PM
aku suka banget sama kerak telor ini
tapi sayang harganya mahal
padahal isinya sedikit banget gitu.

/e2

iya tuh mahal banget
10-15 ribu gedenya
setelor dadar tpi agak tebel dikit

endoeng8
07-07-2012, 11:54 PM
maklumin aja harga nya mahal ,,,kan yang jual sekarang kan udah jarang,,,, T_T

himechama
10-07-2012, 08:43 PM
harga asli standar kerak telor berapaan sih? di PRJ 30ribu untuk yang telor bebek jadi aq ga berani beli deh..hehe

herlyn4
18-09-2012, 06:49 PM
beda tuh yg jual di tempat mu sama di sini ,,tapidi jakarrta mah yg jual jarang mang batak ,,,, kalo ada juga yah di saat" jakarta ultah kek gini ,,,,

/gg

ada setiap pasar malam.
setu babakan poenja. tiap hari ada yg jualan...
kalau di setu kerak tekor'a agak mahal, klo di kemayoran mahal gak ya, disitu sepanjang jalan banyak yg jualan kerak telor.

mankicut
18-09-2012, 07:48 PM
di monas perasaan ada terus tuh yang jual, lumayan banyak malah

thedragonix
18-09-2012, 09:53 PM
salah satu makanan ringan traditional favorit /ho

herlyn4
05-11-2012, 04:39 AM
FYI, harga kerak telor untuk telor ayam 8 ribu, untuk telor bebek 10rb*. Enakan mana, tentu telor bebek.
*Harga tergantung tempat jualan

yahud
08-11-2012, 08:20 PM
kerak telor skrng bukan has betawi lagi.. banyak pedagang dr luar jakarta buat dagang.

indah_q
08-03-2013, 01:21 PM
Pengen coba /~hiks
Akunya belum pernah coba yang nama nya kerak telorr -.-

issaura99
12-03-2013, 01:20 PM
di kotaku ada yang jualan kerak telor tapi aq blom nyoba....kekna enak dehh

lisingi
03-06-2013, 12:11 PM
Saya udah 9 tahun di Jakarta, belum pernah nyobain kerak telur.

masjali
20-08-2013, 02:22 PM
yang ane tau kalo mau beli kerak telor yang enak (ini kata emak ane), cari tukang kerak telor yang muka nya udah agak tua dan betawi banget (mungkin pengalaman ya). bisa di coba deh, ane coba emang kebukti sih hahaha

Aqew
20-08-2013, 02:28 PM
gw pengen nyobain kerak telor,, dr dulu blum prnh kssampean makan kerak telor klo k jkt..

herlyn4
02-09-2013, 03:06 AM
seiring naiknya nilai tukar dolar dan turunnya nilai tukar rupiah, dan segala barang di negri ini pada naik. Kerak telor pun di kampung betawi, setu babakan naik. Beberapa bulan yg lalu itu ceban dpt yg telor bebek, sekarang naik 3 rebu.