PDA

View Full Version : All about DODOL



herlyn4
28-01-2012, 02:32 AM
http://3.bp.blogspot.com/-gtYTgoCLJRc/Tj4yL0w1vnI/AAAAAAAAAM0/dUlIUgZHi3c/s400/dodol10.jpg

Berhubung lagi makan dodol nih (aseeekkk) http://www.laymark.com/l/md/md026.gif, iseng-iseng bikin thread ttg dodol.
Pasti sudah gak asing donk dengan makanan manis dan legit ini..
Dodol atau jenang merupakan salah satu produk olahan hasil pertanian yang termasuk dalam jenis pangan semi basah yang terdiri dari campuran tepung dan gula yang dikeringkan. Makanan ini biasanya digunakan sebagai makanan ringan atau makanan selingan. Dodol merupakan suatu jenis makanan yang mempunyai sifat agak basah sehingga dapat langsung dimakan tanpa dibasahkan terlebih dahulu dan kandungan air rendah sehingga dapat stabil selama penyimpanan. Biasanya dodol dijadikan sebagai makanan khas dari sebuah daerah di Indonesia. Setiap daerah memiliki dodol yang beraneka ragam. Cekidot dodol-dodol yang ada http://www.laymark.com/l/b/b16.gif:

Dodol Betawi
http://2.bp.blogspot.com/_h6O7EOJWrMM/Sqde712pSwI/AAAAAAAAAgQ/-S51P2Wq8gg/s320/dodol_betawi.jpg

Dodol Garut

http://3.bp.blogspot.com/_2gzW7XLtC5c/TMUTMGw9YnI/AAAAAAAAAJo/wKSsobcUVp8/s1600/DODOL+GARUT+PICNIC.jpg
http://1.bp.blogspot.com/_N6BoVXBwwUM/TGUMAN1ZePI/AAAAAAAAAKI/X5CV2obGj0o/s400/Dodol-Garut_large.jpg



Kue keranjang
http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTG7h4RXXmoFcZ5KpnOTJWD-mhWI4L2JQJZxeQx1toEUF8uphdgoOuDjQpyQQ

Dodol Rumput Laut (http://forum.lytogame.com/showthread.php?36588-Dodol-Rumput-Laut-Oleh-oleh-khas-Lombok)
http://3.bp.blogspot.com/_x2cnUMN3zfw/S4-IxIUZ84I/AAAAAAAAAAc/0fLE29rMrg0/s320/04032010021.jpg
Penjelasan akan dodol rumput laut bisa di klik di SINI (http://forum.lytogame.com/showthread.php?36588-Dodol-Rumput-Laut-Oleh-oleh-khas-Lombok)



Dodol Durian
http://1.bp.blogspot.com/-GzO3_yW3-nU/Tj4yPAQG4qI/AAAAAAAAANQ/N-_kRRxZayA/s400/dodol7.JPG


Dodol Kandangan
http://w30.indonetwork.co.id/pdimage/11/2154011_img_1410_resize.jpg


Dodol Pisang
http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQfxOHuQXLxps9LtZF76x2Zv4sFvjzj6 W8Wr2ulHT3Bk4X7N3mP20OaiAr58w


Jenang Kudus
http://www.kratonpedia.com/data/user/jenang_kudus/17.jpg


Dodol Nangka
http://www.dodolminarsih.co.id/produk/Dodol%20Garut%20Nangka%20Spc.%20Rp.30.000,-%20per%20kg.jpg


Dan Lain Lain

Mau tau cara pembuatannya?? http://www.myemoticons.com/emoticons/images/msn/smiley-in-action/reading.gif


http://www.iptek.net.id/ind/warintek/GAMBAR/6d11.gif
*Tergantung buah/bahan yang dipakai

Dalam tahap pembuatannya, bahan-bahan dicampur bersama dalam kuali yang besar dan dimasak dengan api sedang. Dodol yang dimasak tidak boleh dibiarkan tanpa pengawasan, karena jika dibiarkan begitu saja, maka dodol tersebut akan hangus pada bagian bawahnya dan akan membentuk kerak. Oleh sebab itu, dalam proses pembuatannya campuran dodol harus diaduk terus menerus untuk mendapatkan hasil yang baik. Waktu pemasakan dodol kurang lebih membutuhkan waktu 4 jam dan jika kurang dari itu, dodol yang dimasak akan kurang enak untuk dimakan. Setelah 2 jam, pada umumnya campuran dodol tersebut akan berubah warnanya menjadi cokelat pekat. Pada saat itu juga campuran dodol tersebut akan mendidih dan mengeluarkan gelembung-gelembung udara.

Untuk selanjutnya, dodol harus diaduk agar gelembung-gelembung udara yang terbentuk tidak meluap keluar dari kuali sampai saat dodol tersebut matang dan siap untuk diangkat. Yang terakhir, dodol tersebut harus didinginkan dalam periuk yang besar. Untuk mendapatkan hasil yang baik dan rasa yang sedap, dodol harus berwarna coklat tua, berkilat dan pekat. Setelah itu, dodol tersebut bisa dipotong dan dimakan. Biasanya dodol dihidangkan kepada para tamu di hari-hari tertentu seperti hari-hari perayaan besar.


Masih banyak dodol-dodol yang belum disebutkan di atas, untuk itu kalian bisa share dodol-dodol yang ada di daerah kalian di sini. :)
http://www.myemoticons.com/emoticons/images/msn/smiley-says/sorrysmil.gif

Mohon maaf kalau ada kesalahan dalam penulisan


Jangan Junk ya!! http://www.laymark.com/l/o/41.gif

batak29
28-01-2012, 09:09 AM
kayak y menurut ane dodol paling enakkk itu dodol kandangan deh hahahahhaa.....ntah gak tahu napa hahahaha......lebih nikmat soal y menurut ku dodol terlalu manis bikin enegg hahahhahaa...menurutku y hahahhahaa

herlyn4
29-01-2012, 02:06 AM
kayak y menurut ane dodol paling enakkk itu dodol kandangan deh hahahahhaa.....ntah gak tahu napa hahahaha......lebih nikmat soal y menurut ku dodol terlalu manis bikin enegg hahahhahaa...menurutku y hahahhahaa

semua dodol enak, tergantung pembuatannya.
tp yg rasa pandan mungkin lebih enak sm duren.

alchem1485
30-01-2012, 03:55 PM
kalau di tanya paling enak sih,, mungkin dodol durian deh,,

kalau di daerah ku sih ,, ada jenis dodol yang biaanya dibuat pas acara kawinan, nama nya wajik ( daerah sumbar )

enak lo......./b-victory/b-victory

triple_whooper
30-01-2012, 04:08 PM
http://3.bp.blogspot.com/-gtYTgoCLJRc/Tj4yL0w1vnI/AAAAAAAAAM0/dUlIUgZHi3c/s400/dodol10.jpg

Berhubung lagi makan dodol nih (aseeekkk) http://www.laymark.com/l/md/md026.gif, iseng-iseng bikin thread ttg dodol.
Pasti sudah gak asing donk dengan makanan manis dan legit ini..
Dodol atau jenang merupakan salah satu produk olahan hasil pertanian yang termasuk dalam jenis pangan semi basah yang terdiri dari campuran tepung dan gula yang dikeringkan. Makanan ini biasanya digunakan sebagai makanan ringan atau makanan selingan. Dodol merupakan suatu jenis makanan yang mempunyai sifat agak basah sehingga dapat langsung dimakan tanpa dibasahkan terlebih dahulu dan kandungan air rendah sehingga dapat stabil selama penyimpanan. Biasanya dodol dijadikan sebagai makanan khas dari sebuah daerah di Indonesia. Setiap daerah memiliki dodol yang beraneka ragam. Cekidot dodol-dodol yang ada http://www.laymark.com/l/b/b16.gif:

Dodol Betawi
http://2.bp.blogspot.com/_h6O7EOJWrMM/Sqde712pSwI/AAAAAAAAAgQ/-S51P2Wq8gg/s320/dodol_betawi.jpg

Dodol Garut

http://3.bp.blogspot.com/_2gzW7XLtC5c/TMUTMGw9YnI/AAAAAAAAAJo/wKSsobcUVp8/s1600/DODOL+GARUT+PICNIC.jpg
http://1.bp.blogspot.com/_N6BoVXBwwUM/TGUMAN1ZePI/AAAAAAAAAKI/X5CV2obGj0o/s400/Dodol-Garut_large.jpg



Kue keranjang
http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTG7h4RXXmoFcZ5KpnOTJWD-mhWI4L2JQJZxeQx1toEUF8uphdgoOuDjQpyQQ

Dodol Rumput Laut (http://forum.lytogame.com/showthread.php?36588-Dodol-Rumput-Laut-Oleh-oleh-khas-Lombok)
http://3.bp.blogspot.com/_x2cnUMN3zfw/S4-IxIUZ84I/AAAAAAAAAAc/0fLE29rMrg0/s320/04032010021.jpg


Dodol Durian
http://1.bp.blogspot.com/-GzO3_yW3-nU/Tj4yPAQG4qI/AAAAAAAAANQ/N-_kRRxZayA/s400/dodol7.JPG


Dodol Kandangan
http://w30.indonetwork.co.id/pdimage/11/2154011_img_1410_resize.jpg


Dodol Pisang
http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQfxOHuQXLxps9LtZF76x2Zv4sFvjzj6 W8Wr2ulHT3Bk4X7N3mP20OaiAr58w


Jenang Kudus
http://www.kratonpedia.com/data/user/jenang_kudus/17.jpg


Dodol Nangka
http://www.dodolminarsih.co.id/produk/Dodol%20Garut%20Nangka%20Spc.%20Rp.30.000,-%20per%20kg.jpg


Dan Lain Lain

Mau tau cara pembuatannya?? http://www.myemoticons.com/emoticons/images/msn/smiley-in-action/reading.gif


http://www.iptek.net.id/ind/warintek/GAMBAR/6d11.gif
*Tergantung buah/bahan yang dipakai

Dalam tahap pembuatannya, bahan-bahan dicampur bersama dalam kuali yang besar dan dimasak dengan api sedang. Dodol yang dimasak tidak boleh dibiarkan tanpa pengawasan, karena jika dibiarkan begitu saja, maka dodol tersebut akan hangus pada bagian bawahnya dan akan membentuk kerak. Oleh sebab itu, dalam proses pembuatannya campuran dodol harus diaduk terus menerus untuk mendapatkan hasil yang baik. Waktu pemasakan dodol kurang lebih membutuhkan waktu 4 jam dan jika kurang dari itu, dodol yang dimasak akan kurang enak untuk dimakan. Setelah 2 jam, pada umumnya campuran dodol tersebut akan berubah warnanya menjadi cokelat pekat. Pada saat itu juga campuran dodol tersebut akan mendidih dan mengeluarkan gelembung-gelembung udara.

Untuk selanjutnya, dodol harus diaduk agar gelembung-gelembung udara yang terbentuk tidak meluap keluar dari kuali sampai saat dodol tersebut matang dan siap untuk diangkat. Yang terakhir, dodol tersebut harus didinginkan dalam periuk yang besar. Untuk mendapatkan hasil yang baik dan rasa yang sedap, dodol harus berwarna coklat tua, berkilat dan pekat. Setelah itu, dodol tersebut bisa dipotong dan dimakan. Biasanya dodol dihidangkan kepada para tamu di hari-hari tertentu seperti hari-hari perayaan besar.


Masih banyak dodol-dodol yang belum disebutkan di atas, untuk itu kalian bisa share dodol-dodol yang ada di daerah kalian di sini. :)
http://www.myemoticons.com/emoticons/images/msn/smiley-says/sorrysmil.gif


Jangan Junk ya!! http://www.laymark.com/l/o/41.gif

dari beberapa dodol yang dibahas ts diatas,
dodol yang paling saya doyan, itu dodol garut,
yang g doyan dodol durian (ga doyan duren saya)
tapi saya mau nanya ttg dodol rumput laut
itu kira2 klo mau nyari di daerah mana ya?
jujur saya lom pernah liat dan makan dodol rumput laut,
trus untuk yang pernah makan rasanya kaya gimana tuh?
apakah asin?(mengingat itu dr rumput laut)

dichan11
30-01-2012, 05:10 PM
ane sich ga terlalu suka dodol krn rasanya manis banged

herlyn4
31-01-2012, 06:24 AM
dari beberapa dodol yang dibahas ts diatas,
dodol yang paling saya doyan, itu dodol garut,
yang g doyan dodol durian (ga doyan duren saya)
tapi saya mau nanya ttg dodol rumput laut
itu kira2 klo mau nyari di daerah mana ya?
jujur saya lom pernah liat dan makan dodol rumput laut,
trus untuk yang pernah makan rasanya kaya gimana tuh?
apakah asin?(mengingat itu dr rumput laut)

cek di thread ini deh dodol rumput laut khas lombok, saya juga baru tau dr thread tsb :). mungkin semacam agar2 kali y (http://forum.lytogame.com/showthread.php?36588-Dodol-Rumput-Laut-Oleh-oleh-khas-Lombok)



ane sich ga terlalu suka dodol krn rasanya manis banged
pantes... klo cwe maniz gk suka jg kao? http://www.laymark.com/l/c/c28.gif



kalau di tanya paling enak sih,, mungkin dodol durian deh,,

kalau di daerah ku sih ,, ada jenis dodol yang biaanya dibuat pas acara kawinan, nama nya wajik ( daerah sumbar )

enak lo......./b-victory/b-victory

iya biasa'a jg di daerah2 klo hajatan nyediain makanan kek gtu.
memang nama'a ada yg berbeda2 tp komposisi'a sama dr gula sama ketan.

tp dari beberapa jenis dodol yg pernah saya makan, paling kegihan pas makan dodol/jenang kudus.
udh itu makanan oleh2 buat orglaen, diabisin ae. kenyal+ada wijen'a, di supermarket biasa'a di jual.

triple_whooper
31-01-2012, 11:11 AM
cek di thread ini deh dodol rumput laut khas lombok, saya juga baru tau dr thread tsb :). mungkin semacam agar2 kali y (http://forum.lytogame.com/showthread.php?36588-Dodol-Rumput-Laut-Oleh-oleh-khas-Lombok)



pantes... klo cwe maniz gk suka jg kao? http://www.laymark.com/l/c/c28.gif




iya biasa'a jg di daerah2 klo hajatan nyediain makanan kek gtu.
memang nama'a ada yg berbeda2 tp komposisi'a sama dr gula sama ketan.

tp dari beberapa jenis dodol yg pernah saya makan, paling kegihan pas makan dodol/jenang kudus.
udh itu makanan oleh2 buat orglaen, diabisin ae. kenyal+ada wijen'a, di supermarket biasa'a di jual.

makasih keterangannya kk
ternyata dari daerah lombok toh
jadi penasaran pengen nyobain

binunnget
11-04-2012, 04:52 AM
mungkin dodol rumput laut ky agar" kali ya

Vicenza
27-06-2012, 12:06 AM
Dodol kandangan gan deket sama kampung halaman ane kowkowkowkow
ane sih suka-suka beli tu dodol kandangan rasanya itu loh mantap/gb-crazy

endoeng8
05-07-2012, 02:47 AM
nice infoo nihh ,,,/no1


ohhh yah nambahin sedikit nihhh dodol BULELENG khas Bali...
http://1.bp.blogspot.com/_VaeghV6plAA/TPfrSbtuVWI/AAAAAAAAAA4/hUH5v7E6K90/s1600/dodolbalictt.jpg
Sedikit ulasan nya tentang dodol buleleng ini.
cekidot /d-angkuh
Dodol Buleleng

Dodol tradisional yang satu ini memang bukan dodol biasa. Bentuknya memanjang dibungkus daun jagung kering yang wangi aromanya. Tidak hanya laris-manis sebagai sajian upacara keagamaan tetapi juga banyak diborong sebagai oleh-oleh.

Tidak hanya Betawi dan Garut yang punya dodol. Bali pun memiliki ikon dodol Buleleng yang cukup kondang bahkan di kalangan para pelancong. Dodol Buleleng memiliki ciri khas tersediri selain pada bungkusnya juga terletak pada bahan baku pembuatannya.

Dodol Bali atau yang juga dikenal dengan dodol Buleleng memiliki cita rasa yang khas yaitu manis legit dan wangi. Bahan bakunya adalah ketan hitam, santan, dan gula merah. Proses pembuatan dodol ini masih tergolong tradisional karena dikerjakan pada industri-industri rumahan di daerah Buleleng, Bali Utara yang merupakan kota asal pembuatannya.

Tak heran kalau kemasannya pun sangat tradisional dan unik. Tiap dodol dibungkus dengan 'klobot' atau daun jagung kering. Bentuknya dibuat sedikit memanjang dengan kedua sisi diikat menggunakan tali rafia. Aroma daun jagung kering sebagai pembungkusnya yang wangi memberi sensasi tersendiri saat menikmati dodol yang berwarna hitam pekat ini.

Keunikan lainnya, dodol Buleleng tidak dikemas dalam kotak-kotak atau plastik. Dodol ini direnceng jadi satu memanjang tiap 10 buah dan digantung dengan tali rafia. Tiap renceng dijual dengan harga Rp 10.000,00. Di Bali, dodol Buleleng sering digunakan sebagai pelengkap sesajian upacara keagamaan. Seiring waktu dodol ini banyak dibawa oleh para pelancong yang datang sebagai oleh-oleh khas Bali.

Dodol ini tahan disimpan hingga 3 minggu lamanya. Nah, kalau jalan-jalan ke pulau Dewata pastikan Anda membeli dodol khas Bali ini. Selain cocok sebagai oleh-oleh karena rasanya yang khas dan enak, hitung-hitung Anda pun sudah ikut melestarikan kuliner tradisional.


Dodol smw nya manis dan enak kok,dodol jga makanan khas indo .

Dodol kee sukaan saya sih cuma dodol betawi ( udah jrng nih yg buat ) ,dodol garut,sma 1 lagi jenang khas kudus,,,/gg


semua nya nyamiiii ..../gb-smile

remirest
06-07-2012, 11:03 PM
saya suka dodol duren,sama dodol nanas /gb-swt1/gb-swt1/gb-swt1

tsaniyah
12-08-2012, 02:20 AM
lebih suka dodol garut sama dodol betawi ,nggk tau knp mungkin karena rasa ny beda kli dri yg lain

Fhoo
03-09-2012, 12:15 AM
Saya suka dodol durian /gb-love
ni makanan buatnya capek banget ngaduk-ngaduknya

endzha
10-10-2012, 04:29 PM
dodol duren nyami" aroma khas duren nya yg mantap

ance
10-10-2012, 05:21 PM
sukanya dodol garut enak banget dah

farelz23
10-10-2012, 05:42 PM
dodol durian donk...fans berat buah durian soalnya :D

Andrea Van Barthold
22-10-2012, 01:24 PM
Dodol Duren is The Best Belom ada yang ngalahin whehehhe berasa banget di lidah

b0sbesar
11-11-2012, 08:05 PM
gue lebih suka jenang kudus rasanya legit2 gimana gitu..

indah_q
08-03-2013, 01:19 PM
Dodol Khas daerah Kota ku (Pontianak) yaitu " Lempok "
Lempok merupakan oleh" khas kota khatulistiwa ini,
terbuat dari Buah durian yang di masak dengan gula,
Sesuah di masak kemudian di jemur hingga kering
waktu penjemuran bisa mencapai 2-4 hari

issaura99
13-03-2013, 06:55 AM
dodol garut..secara uda dikenakl luass tp klo ke malang batu,ada dodol dr buah" an gitu...enak juga :v