PDA

View Full Version : Pisang goreng atau Pisang keju?



squallleon7
24-12-2009, 12:59 PM
Olahan dari pisang tuh banyak banged, yg paling lazim tentu saja pisang goreng, tp aku sih lebih demen pisang keju

tp pisang goreng yg enak jg banyak, paling terkenal tuh pisang goreng kalimantan, pisang goreng pontianak.

ini pic pisang keju, pisangnya sendiri bisa dibakar/digoreng, kalo di Makassar biasanya dibakar bukan digoreng.

http://i373.photobucket.com/albums/oo171/bayigajah/copy-of-diet-jpg-49.jpg

http://i373.photobucket.com/albums/oo171/bayigajah/pisangkeju.jpg

squallleon7
24-12-2009, 01:00 PM
Adalah Pisang Goreng Pontianak yang menjadi salah satu jajanan primadona di ibukota. Beragam nama diusung para penjual kudapan pisang goreng yang dibungkus tepung terigu, tepung beras, dan tepung sagu ini. Ada yang memberi label pisang goreng ponti, pisang kremes, pisang crispy, dan sejumlah nama lainnya.


http://i373.photobucket.com/albums/oo171/bayigajah/pisgor.jpg

“Pisang goreng dibungkus kremes dengan aneka rasa”


Ternyata cemilan ini pun menular ke kota Bandung. Salah satu penjual pisang goreng ini bisa kita jumpai di Jl Dipatiukur. Menggunakan nama “Pisgornak Lins,” kedai pisang goreng Pontianak ini mulai buka sekira 4 bulan yang lalu. Letaknya tak jauh dari RM Ampera atau Terminal Travel Citi Trans. Jika Anda datang dari arah kampus Unpad, kedai ini berada di sebelah kiri sekitar 50 meter dari persimpangan Jl. Teuku Umar – Jl. Dipatiukur. Sebaliknya jika Anda datang dari arah Jl. Dago (Simpang), pisgornak ini berada di sebelah kanan Anda, tak jauh dari Jl Sekeloa.

squallleon7
24-12-2009, 01:01 PM
Serbuan Pisang Goreng Ala Kalimantan

http://i373.photobucket.com/albums/oo171/bayigajah/PISANGGORENGKALIMANTAN01.jpg

Pisang goreng. Rasanya tak ada manusia di Indonesia yang tidak mengenal camilan yang satu ini. Kudapan ringan ini kerap dinikmati pada sore hari sambil ditemani secangkir teh hangat, atau teman pengganjal rasa lapar di saat tidak sempat untuk menyantap makanan berat. Namun, jangan salah, banyak jenis dan ragam pisang goreng, jangan salah pilih!
Kalau Anda jeli memperhatikan, dalam beberapa bulan belakangan ini mulai marak tren varian kudapan pisang goreng berlabel "Pisang Goreng Kalimantan" atau "Pisang Goreng Pontianak", atau juga "Pisang Goreng Bla..Bla". Kehadiran mereka cukup bombastis dan mencolok mata, menyerbu kawasan-kawasan padat penduduk di kota Jakarta dan sekitarnya.

Sebetulnya, kehadiran pisang goreng ala Kalimantan di belantara camilan kota ini sudah berlangsung cukup lama, namun, belakangan intensitas bisnis pisang yang satu ini memang kelihatan "lebih" dibandingkan sebelumnya.

Apa sih yang membedakan mereka dengan pisang goreng kebanyakan yang terlebih dahulu hadir? Well, yang pasti sama-sama menggunakan pisang, namun, sesuai namanya, yang digunakan adalah jenis pisang kalimantan sebagai bahan pokoknya.

Yang istimewa adalah cara pengolahannya. Kebanyakan pisang goreng ini dibuat dengan cara terlebih dahulu diiris tipis-tipis pada salah satu ujungnya, namun tidak terputus pada ujung lainnya. Pisang tersebut kemudian dikembangkan sehingga berbentuk seperti kipas. Usai dibentuk, pisang dicelupkan ke dalam adonan yang terdiri dari tepung terigu dan tepung beras, serta bumbu-bumbu andalan masing-masing "merek". Setelah itu pisang baru di goreng dengan cara deep fried. Hasil keseluruhan proses ini adalah pisang goreng yang renyah dan gurih!

Walaupun menyandang merek dagang yang serupa, namun variasi rasanya justru cukup beragam, akibat beberapa faktor. Masing-masing gerai juga memiliki pelanggan tetap, alias sesuai selera. Berikut kami pilihkan sejumlah gerai pisang goreng ala Kalimantan yang pastinya dapat memuaskan rasa ingin tahu (dan perut) Anda.


Pisang Kalimantan Sari Rasa

http://i373.photobucket.com/albums/oo171/bayigajah/PISANGGORENGKALIMANTAN03.jpg

Suasana sibuk tampak di gerai Pisang Kalimantan Sari Rasa di bilangan jalan Tanjung Duren, Jakarta Barat. Rupanya, selain melayani pelanggan yang datang silih berganti, pesanan dari seorang pelanggan berupa puluhan dus berisikan pisang kalimantan untuk dibawa keluar kota, sedang dipersiapkan di "toko" yang hanya berukuran 4x4 meter persegi.

Cara pengolahannya terlihat sama saja dengan yang diceritakan di atas. Lalu apa yang membedakannya? Anda baru dapat merasakannya saat mulai menggigit pisang goreng andalan toko ini. Walaupun digoreng kering, namun adonan tepung yang menjadi pelapis pisang terasa renyah sekali. Tak hanya itu. Kualitas pisang yang digunakan juga baik, dengan tingkat kematangan yang tepat, membuat rasa manis dan tekstur pisang berpadu serasi dengan "kremesan" adonan tepung yang digoreng.

Waktu terbaik untuk menikmati pisang berukuran sedang seharga Rp 1.500,- ini adalah saat masih hangat, utamanya usai diangkat dari penggorengan. Pasalnya, begitu dingin, keistimewaan berupa kerenyahan tekstur akan hilang, berganti dengan kekenyalan.

Si Ponti dari Pontianak

Pisang Goreng Kalimantan berlabel Pontia ini memiliki ciri khas yang tak jauh berbeda dengan yang lain. Begitu pula cara pengolahannya, yang mengandalkan adonan tepung yang dilumurkan pada sekujur pisang yang telah diiris sehingga berbentuk kipas.

Hanya saja, bagi pecinta rasa manis, siap-siap saja kecewa, lantaran pisang yang digunakan tidak terlalu manis dan agak keras. Namun, bagi penggemar pisang goreng jenis keras dan tak terlalu manis, Pontia pantas menjadi pilihan.

Tepung yang digunakan juga tidak terlalu manis, sehingga terdapat kesan hambar. Baluran tepung terlihat sangat tebal, dan menempel erat pada daging pisang, namun tetap crispy. Hal tersebut tercapai berkat cara penggorengan deep fried.

Harga jual pisang Pontia ditetapkan Rp 3.000,-., alias lebih mahal Rp 1.000,- sampai Rp 1.500,- dari pisang sejenis. Namun, dengan ukuran yang lebih besar dibanding kompetitor, rasanya harga tersebut memang layak.

Kalau pisang kalimantan kebanyakan dibentuk seperti kipas baru digoreng kering dengan adonan bumbunya, Ahock justru membuatnya menjadi sate. Sate? Yup, Anda tidak salah baca.

Simpel saja sih sebetulnya. Pisang dipotong tipis-tipis, lalu ditusukkan ke batang bambu bambu layaknya sedang membuat sate ayam atau kambing. Setelah cukup penuh, sate pisang tersebut dicelupkan ke dalam adonan, dan digoreng setengah matang. Begitu ada yang memesan, sate baru digoreng kering dengan cara deep fried.

Hanya itu? Nggak lah! Anda bakalan ditawari, apakah ingin sate pisang dengan rasa manis atau pedas! Caranya, sate yang telah digoreng tersebut diolesi dengan bumbu manis yang terbuat dari margarine dan gula, dan bumbu pedas dari saus sambal dan margarine. Kalau hanya sampai tahap ini, sate pisang Anda berharga Rp 2.000,-. Dengan tambahan Rp 500,- Anda dapat memperoleh sate pisang manis bertabur keju atau coklat.

Serunya, kenikmatan sate pisang ini tak hanya saat disantap panas-panas. Saat dingin, sekalipun bumbu sudah meresap masuk ke dalam lapisan tepung, kerenyahan masih tetap terjaga. Hal ini membuat sate pisang tetap nikmat untuk di santap.

Ahock juga menyediakan pisang goreng kalimantan berbentuk reguler, namun dimodifikasi dengan tambahan tebaran wijen.

http://i373.photobucket.com/albums/oo171/bayigajah/PISANGGORENGKALIMANTAN05.jpg


Pisangku Pisang Pasir

http://i373.photobucket.com/albums/oo171/bayigajah/images-5.jpg

Agak kebingungan juga mendengar jenis pisang pasir ini untuk pertama kalinya. Namun, setelah melihat wujudnya, barulah ngeh bahwa wujud "pasir" yang dimaksud tidak lain dan tidak bukan adalah jenis tepung yang menyelimuti pisang memiliki tekstur yang berbeda dengan pisang kebanyakan.

Sebagai perbandingan, Anda dapat membayangkan tepung ayam goreng crispy, yang mewakili kebanyakan pisang kalimantan, dan tepung pada chicken nugget, yang mewakili "pasir" pada pisang. Dengan kata lain, walaupun sama-sama crispy, namun berbeda tekstur dan karakter. Inilah letak keistimewaan gerai pisang goreng yang mulai marak di sejumlah kawasan di Jakarta dan sekitarnya, sejak pertengahan 2006.

Dijual dengan harga Rp 2.000,-, pisang yang dijual memiliki karakter manis dan lembut. Menurut penjualnya, pisang yang digunakan berasal dari Lampung, namun gaya memasaknya jelas ala Kalimantan.

Rasa tepungnya sendiri sangat "menyenangkan", lembut, crispy, dan garing. Paduan antara tepung dan jenis pisang juga sangat baik, membuat menyantap pisang dari gerai Pisangku ini menjadi pengalaman yang menyenangkan. Ukurannya yang sedang, mampu membuat seseorang kekenyangan hanya dengan memakan dua keping saja.
Jadi, yang mana pisang goreng favorit Anda?

squallleon7
24-12-2009, 01:02 PM
Ta B'nana, Pisang Goreng a La Pontianak

http://i373.photobucket.com/albums/oo171/bayigajah/45a76a5dba57d.jpg

Pisang goreng, pasti Anda jelas tahu. Pisang goreng tepung, ah, biasa! Tapi kalau pisang goreng dengan tepung crispy a la restoran fast food Amerika, jelas Anda harus mencicipinya. Yup, pisang goreng crispy ini bisa Anda cicipi di Warung Pisang Goreng Pontianak Ta B'nana.

Memang, Ta B'nana belum lama ada di Jogja. Pisang goreng yang dibuat dengan inspirasi dari fried chicken restoran fast food ini, memang awalnya dibuka di Jakarta . Baru pada September 2006 dibuka cabang Jogja dengan mengambil tempat di Jl. P. Diponegoro 96. Jogja. Pisang yang berbentuk menyerupai kipas ini, memang mempunyai cita rasa yang renyah, tapi lembut dan manis di dalam.

Makan 1 potong pisang goreng ini saja akan membuat Anda merasa cukup. Karena satu buah pisang goreng ini dibuat dari 1,5-2 buah pisang. Dibalut dengan campuran tepung terigu, tepung kanji, tepung beras, air dan sedikit gula. Campuran tepung-tepung inilah yang membuat adonan pembalut pisang terasa crispy. Untuk mendapatkan cita rasa kerenyahan yang maksimal, pisang goreng ini melewati 2 kali proses penggorengan. Yang pertama digoreng di atas api sedang, hingga setengah matang. Di penggorengan kedua yang menggunakan api panas, pisang digoreng hingga matang. Dengan model penggorengan seperti ini juga, pembeli akan selalu mendapatkan pisang dalam keadaan panas. Karena penggorengan kedua akan dilakukan jika sudah ada permintaan.

Siti Maemunah, pengelola pisang goreng Ta B’nana menggunakan pisang kapok untuk pisang goreng crispy-nya. Memang, pisang kepok paling pas untuk diolah jadi pisang goreng. "Kita memilih pisang kepok kuning yang manis, dan mempunyai kadar air yang sedikit. Jadi tidak lembek pisangnya," ujar Siti ketika ditanya tentang pemilihan pisang kepok untuk pisang goreng crispy-nya. Menurut Siti, pisang-pisang kepok tersebut ia dapatkan dari pemasok di Wates.

Jika yang digunakan pisang kepok, lalu bagaimana bisa dinamakan Pisang Goreng Pontianak? Ternyata nama Pontianak diambil dari daerah asal pendiri Ta B'nana, Pak Eri Ashok, yang berasal dari Pontianak. Selain itu, bentuk pisang goreng yang diiris tipis dan dibentuk menyerupai kipas, adalah cirri dari pisang goreng di Pontianak. Jadi jika membeli, jangan harap Anda akan mendapatkan pisang goreng dengan pisang yang asalnya dari Pontianak .

Meski baru sekitar 3 bulan membuka warung pisang goreng, Siti mengaku omset yang didapatnya sudah lumayan besar. Dalam sehari, Siti bisa menghabiskan 50-70 sisir pisang. Jumlah ini digunakan untuk membuat sekitar 600 pisang goreng. Pada awal Ta B'nana buka di Jogja, Siti sempat menambahkan topping selai strawberry, coklat dan kacang pada pisang gorengnya. Namun, seiring bertambahnya peminat, ia pun kewalahan dan akhirnya menghapus selai dari 'daftar menu'-nya.

Untuk 1 potong pisang goreng dihargai Rp 2.000,-. Untuk Jogja, selain cabang di Jl, P Diponegoro, Pisang Goreng Pontianak Ta B'nana juga membuka cabang di Jl. Kaliurang. Cabang Ta B'nana juga bisa ditemui di Batam, Mataram, Pekan Baru, Banjarmasin, Semarang, bahkan hingga Malaysia.

asallie
24-12-2009, 08:40 PM
woghhh !! pisang goreng atau apalah pokoknya da pisang manttap !!!
sipp threadnya, bikin ngiler adoh.
klo pisang yang di Surabaya ada ndak kk ?
belum pernah nyoba pisang yang kremes, waduh jadi kepikiran.
thx postingnya.

squallleon7
03-01-2010, 12:28 AM
di surabaya bukannya banyak pisang ijo ya?

/b-kacau/b-kacau/b-kacau

asallie
07-01-2010, 11:54 PM
di surabaya bukannya banyak pisang ijo ya?

/b-kacau/b-kacau/b-kacau

iya banyak pisang ijo, tapi belum pernah nyoba wkawkwakawk
ntar deh mau nyoba.

TheVoldemort
11-01-2010, 08:24 AM
wahh.. pisangnya kliatan nikmat.. jadi ngiler nih /d-lega/d-lega
di tmpt gw mah yang namanya pisang goreng ya pisang dikasi tepung trus digoreng..
kgk ada yg kremes2 kyk gtu.. /b-angkuh
gmna ya rasanya..

lililionk
16-01-2010, 10:11 PM
yang paling gue suka mah pisang karamel..jadi dlmnya ada karamelnya gtu manis dan enak..tp pisang keju jg enak bgt >,<
pisang goreng boleh lah..
tp plg enak ya dua itu pisang keju sama pisang karamel
top markotop..laperrrrrrrrrrrr pgn makan huhuhuwhttp://i686.photobucket.com/albums/vv223/miss_jenniferwang16/cute%20icons/54.jpg

muffmuff
10-02-2010, 04:09 AM
Pisang keju sebenernya lebih yummy, cuman klo kebanyakan mam itu ujung"na eneg, tp ga kenyang /p-hihihi

jurigtektek
30-12-2010, 04:26 PM
pisang coklat/d-victory
tapi disini pada suka terong/b-diam

rohan3rd
30-12-2010, 04:50 PM
pisang coklat/d-victory
tapi disini pada suka terong/b-diam

wah ternyata jurig sama terong /m-licik


pribadi lebih suka makan pisang langsung dimakan ngga pake diolah....
pisang ambon favorit saya..... :D

jurigtektek
30-12-2010, 05:09 PM
wah ternyata jurig sama terong /m-licik


pribadi lebih suka makan pisang langsung dimakan ngga pake diolah....
pisang ambon favorit saya..... :D

gw lebih suka apel drpd terong /m-angkuh

rohan3rd
30-12-2010, 05:13 PM
gw lebih suka apel drpd terong /m-angkuh

ngga usah plin plan gitu dong /m-licik

jurigtektek
30-12-2010, 05:24 PM
ngga usah plin plan gitu dong /m-licik

baca lebih jelas yg diatas/m-camen

rohan3rd
30-12-2010, 05:26 PM
baca lebih jelas yg diatas/m-camen

ooo jadi begitu.....

ok saya sudah mengerti /b-yakin

celeztine
20-01-2011, 07:01 PM
pisang kejuu laah /~malu masa pisang mentah sich

herlyn4
08-03-2011, 07:27 PM
pisang gorengnya enak enak.../d-darah/d-darah/d-darah/d-darah

halimfamily
07-04-2011, 06:21 PM
Kesukaanku pisang goreng apalagi masih garing enak

ku jg suka pisang keju pisang biasapun kusuka/~yeah

avatarrescue
12-05-2011, 01:37 PM
pisang keju is the best kalo dimakan bareng ma temen2 pas lagi nyantai /~suka
pisang goreng juga mantap kalo dimakan pas nonton bola, plus kopi susu tentunya /~suka

poissondistr
13-05-2011, 05:43 AM
Bueno. 2-2nya favorite gw. Mana yang ada aja gw makan. Ada dua-duanya, gw makan juga dua-duanya. Hahahahaha.

thefaust13
13-05-2011, 01:00 PM
pisangnya itu dipanggang lho, bkn dibakar.
cz dibakar ma dipanggang itu beda.
kalo yg dibakar itu, obyeknya kena api secara langsung.
kalo dipanggang itu gak kena api secara langsung, tp pake alas, misal loyang.
demen ma pisang panggang (tp org2 pd nyebut pisang bakar), cz di rumah sering bikin http://www.smileycodes.info/emo/greenscarf/greenscarf40.gif

Jasminesky
27-06-2011, 07:07 PM
duhhh liat gambar2 nya bener2 bikin ngiler, apalagi klo dalam keadaan laperrr.... aduuuhhh jadi kpingin makan pisang coklat susuu... enakkk lohhhh~ nyummmyy~ nyum nyum~ ahahha /~hati

lililionk
29-06-2011, 12:44 AM
duhhh liat gambar2 nya bener2 bikin ngiler, apalagi klo dalam keadaan laperrr.... aduuuhhh jadi kpingin makan pisang coklat susuu... enakkk lohhhh~ nyummmyy~ nyum nyum~ ahahha /~hati

alaaa..lu mah emang doyan pisang coklat susu..trutama roti panggang coklat susu..

wkwkwkwkkwkw makan aja dgedein ahahaha

morinof
24-07-2011, 04:50 PM
lebih suka pisang goreng
pisang keju belom pernah makan

colombush
27-10-2011, 04:03 PM
Pisang keju lah
Pisang goreng mah byk lemak ,bisa bikin gendut tau

Godham
28-10-2011, 08:33 AM
pisang goreng aneka rasa nih keknya nyam nyam

sustiani
28-10-2011, 08:47 PM
pisang keju kyknya enak tuh /b-darah ada variasi warna n rasanya gitu.,
kalo pisang goreng cuman gitu2 aja dari jaman baheula /b-malu2

Firausi
28-10-2011, 09:06 PM
pisang keju lah ....
pisang buang keju yg di makan /b-pukul LOL

smasheR
29-10-2011, 01:52 AM
pisang keju lah ....
pisang buang keju yg di makan /b-pukul LOL

Ga jelas ni orang wkwkwk /b-pukul

Enakan pisang keju /no1

ridhoalattas
29-10-2011, 06:13 AM
AJIBBB.... minta 1 gan aawkkakawkawka

rekayasa05
29-10-2011, 08:45 PM
selain bandung kga ada yah ?
ane di malang gan pengen......liat gambarnya aja udah ngilerrr....~

marsha
19-08-2012, 11:04 PM
pisang goreng di ksh keju juga enak /gb-cute

Lian_
08-10-2012, 05:33 PM
pisang goreng pontianak (pisang kipas) enak tuh

bikyongyuk
09-10-2012, 03:32 PM
pisang kejuuuuu, aduh jadi laparrrr

classic
09-10-2012, 03:51 PM
2,2 ny suka hehhehe maaf nih bro klo agak rakus ,,lg laper wkwkwokwo :D

Taurus
09-10-2012, 05:26 PM
pisang keju yg gw lebih suka /d-dukung

tempoyak
09-10-2012, 07:47 PM
pisang goreng tapi harus garing goreng nya pasti enak deh

t0m0dachi
10-10-2012, 03:01 PM
pisang keju pake coklat wihh sedappp

endzha
10-10-2012, 04:34 PM
pisang senggol coy.. blum pernah makan kn enak rasa ny

bugil
22-10-2012, 08:57 PM
kalo orang kaya sih biasa nya pisang keju ahha..

leenz
14-11-2012, 11:34 AM
pengen makan pisang goreng kalimantan pakai srikaya kek dolo lagi sekarang nga ada yang jualan lagi keknya susah carinya /gb-cry

bhenk
15-11-2012, 01:05 AM
pisang goreng ditambah coklat keju enak2

kera18
20-11-2012, 03:17 PM
pisang goreng kl buat pagi mantab tuh /gb-smile

IzacsonJr
22-11-2012, 12:47 PM
pisang keju terus di goreng/gb-laugh2

ferrariwong90
25-11-2012, 10:57 AM
wah dua duanya enak... pokoknya pisang goreng kalau mau yang enak, ya pisang goreng kalimantan

indah_q
07-12-2012, 07:52 PM
Wah nama kota ku kebawa juga ni ( Pontianak )
bener banget tuh kk, apa lagi pisang Selai nya, wuhhhh manteb deh, gak ada 2 nya /gb-popcorn


pengen makan pisang goreng kalimantan pakai srikaya kek dolo lagi sekarang nga ada yang jualan lagi keknya susah carinya /gb-cry

Wah ada kok kk, masih banyak lagi, sini Ke Kalimantan Barat ( Pontianak )
Ni yang banyak Jual Pisang Goreng Srikaya di Jln. Gajah Mada WR. Winny
apa lagi makannya di malem hari sambil nongkrong dan ngopi bareng, pasti lebih nikmat /m-lucu

jenuvil
01-01-2013, 04:39 PM
karena antara pisang goreng dan pisang keju

milih pisang kejunya deh

overmiracle
09-01-2013, 08:35 PM
Pisang goreng buatan emak ane /gb-laugh3

fansfian
08-02-2013, 08:13 PM
/gb-cutem pisang keju ae nyos keknya, malam2 jadi pengen ini

issaura99
12-03-2013, 01:24 PM
pisang keju juga enak..pisang goreng jg enakk...2 2 na enak wkwkkwkw

piipoo94
05-06-2014, 05:43 PM
semuanya enak sih, tapi ane lebih suka makan pisang coklat heheheh

RerePe
13-09-2014, 10:56 PM
Pisang goreng + kopi itu nikmat banget! apalagi kalau lagi hujan sambil nonton tipi atau ngegame.

camiselo
02-11-2014, 04:14 PM
pisang keju kakak wkwk...
soalnya kan udah di goreng juga terus kalo pisang nya udah ketemu keju yg melelehnya bikin ketagihan kalo udah di gigit wkwkwk

akeni
24-06-2015, 04:50 PM
kalau saya mah,,dua2nya suka gan,,rasanya itu lho bikin ketagihan /gb-cry

deni277
11-08-2015, 11:25 AM
lebih suka pisang goreng cokelat x ya

Inalilahi
15-10-2015, 01:19 PM
kalo gratis sih lebi enak /gb-laugh2

dragonfirehdd
06-12-2015, 08:44 PM
pisang keju enak banget kk

hasti1945
23-12-2015, 07:45 AM
Pisang keju, tapi jujur lebih suka pake selai serikaya

Lumfosca
19-01-2016, 09:44 AM
Pisang goreng aja yang simple 'n gampang cara buatnya

susan123
06-10-2016, 09:39 AM
klo gw lbh milih pisang goreng dibanding pisang keju....gk doyan sama keju soalnya /gb-smile