PDA

View Full Version : Bikin sushi sendiri yuk!



kr47os
12-03-2011, 01:29 AM
Bahan :
4 cups short grain rice (beras sushi), masak
1 cup rice vinegar
31/2 sdm gula
garam

Bahan tambahan :
Slender roll :
Timun, potong memanjang, buang bijinya.

inside-out roll :
1 btg asparagus (aku pake timun krn gak punya asparagus)
udang rebus
daun selada

Cara :
1.Basahi bagian dalam tempat pencampur dengan lap basah. Masukkan nasi sushi.
2.Campur rice vinegar, garam dan gula, aduk rata. Campurkan dengan nasi sedikit-demi sedikit, aduk sampai tercampur rata. Waktu mencampur, dinginkan nasi dengan kipas. Ini untuk membantu penyerapan campuran luquid dan agar nasi tampak lebih berkilau.
3.Setelah nasi menjadi hangat, tutup dengan lap basah kembali supaya nasi tidak mengering.
http://4.bp.blogspot.com/_5GAsCz8cfrE/R-_VR-2_63I/AAAAAAAAAoM/Beb5-WF-UiE/s1600/P1030685.JPG persiapan awal
http://bp1.blogger.com/_5GAsCz8cfrE/R-_UJe2_6wI/AAAAAAAAAnU/YyrqIHpCQI0/s200/P1030687.JPG Slender Roll(Hoso Maki)
http://bp1.blogger.com/_5GAsCz8cfrE/R-_UJe2_6xI/AAAAAAAAAnc/ghAYJm2A_Z4/s200/P1030688.JPG setelah digulung
http://bp2.blogger.com/_5GAsCz8cfrE/R-_UJu2_6yI/AAAAAAAAAnk/24PCYPSonrE/s200/P1030689.JPG inside-out roll (hadaka- maki),tapi lupa naruh nasi diluarkan
http://bp1.blogger.com/_5GAsCz8cfrE/R-_Xfe2_64I/AAAAAAAAAoU/p4ATAuZ37WM/s200/P1030690.JPG slender roll(Hoso-Maki)
http://bp2.blogger.com/_5GAsCz8cfrE/R-_UVu2_61I/AAAAAAAAAn8/ZfxNcS44HS0/s200/P1030692.JPG inside-out roll (hadaka-maki)
Sebenernya...bikin sushi itu cuma butuh ketekunan guys...jadi gampang kok...bagi yg merasa kebantu mohon add temen aja ya >.<

mizzdanbo
12-03-2011, 01:28 PM
pengen banget bikin sushi sendiri...
isinya bisa di isi sesuai kreasi sendiri deh..

tp dmn yah bisa dapetin alat dan bahannya? /m-ragu
kayanya susah d temuin deh /m-sedih

dichan11
12-03-2011, 02:43 PM
bahan"nya nyari dimana?

kr47os
13-03-2011, 11:38 AM
pengen banget bikin sushi sendiri...
isinya bisa di isi sesuai kreasi sendiri deh..

tp dmn yah bisa dapetin alat dan bahannya? /m-ragu
kayanya susah d temuin deh /m-sedih


bahan"nya nyari dimana?
bahannya di toko-toko tedekat mungkin ,
sayaa gk tau T.T

jurigtektek
13-03-2011, 04:28 PM
nyari bahannya yg bikin males /b-ketawa

celeztine
17-03-2011, 03:36 PM
gampang bikinnya

tapi nyarik bahannya susah n mahal/swt

lililionk
17-03-2011, 11:27 PM
waww enaaaaaaaakkk, aslii asem bgt yeee gue jd laperrrrr lhoo liad tret ini wkwkwkw :D
thanks euy..kapan2 dicoba..gue gk penah buat sndr..sll makan yg ud jadi..
tkut gagal..msalahnya gtw gmn cra buatnya fyuhh/~malu/~malu
tp ntar kapan2 dicoba dha..d bookmark dlu..ahhaha :D

septian2035
27-03-2011, 05:36 PM
Makasih kk atas resepnya. Enak juga sushi buatan gua wkwkkwkwkw/~kagum

ashreychan
01-04-2011, 12:23 PM
pengen banget bikin sushi sendiri...
isinya bisa di isi sesuai kreasi sendiri deh..

tp dmn yah bisa dapetin alat dan bahannya? /m-ragu
kayanya susah d temuin deh /m-sedih


bahan"nya nyari dimana?

Alat dan bahan buat sushi gampang kok sebenernya.

Buat bahan:

• Beras jepang > bisa diganti dengan beras pulen yang agak menggumpal jika dimasak (pandan wangi bisa), beda sama beras ketan ya (beras ketan/sticky rice bahan untuk membuat mochi)

• mat bambu buat nge roll bisa diganti pakai plastik ukuran sedang yang dibelah dua agar ukurannya menjadi besar, lalu diberi lap bagian bawahnya (yang digulung lapnya)

• Rice vinegar bisa diganti dengan cuka biasa, tapi jangan terlalu banyak, nanti terlalu asam :)

• Nori (rumput laut lembaran) bisa didapatkan di supermaket besar di kota kamu, misalnya carefo*r, h*eo, Gi*nt, farm*rs, ect. tapi kalaupun tidak ada sushi tetap bisa dibuat kok, karena yg has dari sushi adalah nasinya ;)

• Isian sushi bisa kamu kombinassin dengan bahan2 yang kamu sukai, misalnya telur dadar, rebusan buncis/wortel, udang rebus, selada, sosis, tuna kalengan, ect

semoga membantu ^^