PDA

View Full Version : Gethuk Pisang, Jajanan Tradisional yang Tetap Memikat



salutya
19-11-2009, 05:53 PM
Selain tahu takwa, tidak lengkap rasanya kalau ke Kediri tidak membawa oleh-oleh gethuk pisang. Makanan ini sangat familiar jika anda datang ke Kediri. Rasanya yang manis legit akan menggoda selera anda untuk selalu ingin menikmatinya. Gethuk pisang biasanya juga disebut gethuk gedhang dalam bahasa jawa dan dikemas dengan bungkus daun pisang dan berbentuk seperti lontong.

Keberadaan gethuk sebagai jajanan khas Kediri sudah ada sejak turun temurun, belum jelas dari mana asal usul gethuk pisang itu sendiri. Harga yang ditawarkan cukup murah berkisar antara Rp 2.500-Rp 5.000, cukup tidak menguras kantong bukan?!. Gethuk pisang bisa didapatkan di sepanjang jalan anda ke Kediri. Biasanya juga ditawarkan oleh pedagang asongan di bis-bis maupun di lapak-lapak pinggir jalan sampai pusat oleh-oleh khas Kediri.

Sesuai namanya, gethuk pisang dibuat dari buah pisang. Bentuknya bulat panjang, sekitar 15 sentimeter, dan berwarna merah kecoklatan. Kemasannya biasa dibungkus dengan daun pisang. Gethuk pisang dibuat khusus dari pisang Raja Nangka. Raja Nangka pilih karena punya aroma dan rasa yang khas manis asam. Rasa manis asam inilah yang membuat rasa gethuk pisang men-jadi khas asam manis tanpa gula.

Pembuatannya memang tidak susah, hanya butuh ketelatenan saja. Jika anda sudah mengetahui caranya, tidak salah kan untuk mencobanya sebagai peluang bisnis di daerah anda. Karena hal ini cukup potensial untuk dikenalkan di daerah anda sebagai jajanan baru khas Kediri.

Proses pembuatan gethuk pisang adalah sebagai berikut:

Bahan:

* 3 buah pisang tanduk
* 3 sdm tepung sagu
* 100 gram gula bubuk
* 100 ml santan kental
* 1/4 sdt garam
* 1/4 sdt vanili bubuk

Pelengkap:

* 1/2 butir kelapa setengah tua, kupas, parut memanjang
* 1/4 sdt garam dan 1 lembar daun pandan
* Daun pisang dan lidi penyemat

Cara Membuat:

* Pisang tanduk kukus hingga matang, angkat, selagi panas haluskan, campur dengan gula bubuk dan santan kental, tambahkan tepung sagu, aduk rata.
* Ambil selembar daun pisang, bungkus adonan bentuk lontong dan kukus selama 30 menit, angkat dan dinginkan hingga mengeras.
* Kelapa setengah tua yang telah diparut campur dengan garam, aduk rata, beri daun pandan, kukus.
* Potong getuk pisang menurut selera dan taburi dengan kelapa parut.
* Sajikan
http://img10.imageshack.us/img10/2223/01e7dff3db3c574e4abaa38.jpg (http://www2.glitterphoto.net/)

ipanzercoba
19-11-2009, 05:55 PM
wah manteb dah ni makanan sayang klo makan kalo cuma lagi di smg /b-nangis

salutya
19-11-2009, 05:58 PM
wah manteb dah ni makanan sayang klo makan kalo cuma lagi di smg /b-nangis

owh...kaciaannn..mang di JKT gak ada..??/b-ketawa, atau buat sendiri lah kak..mudah kuq.../b-angkuh

ipanzercoba
19-11-2009, 06:00 PM
ad sih rasa pngen buat tp agak sedikit rumit
biasa lah suka yg gampang2 /b-lega

felixxaa
19-11-2009, 08:01 PM
wough getuk pisang tuh makanan kesukaan eke.... rasanya unik gitu legit2 asem maknyus dah pokoknya /b-senyum/b-senyum/b-victory/b-victory

salutya
22-11-2009, 02:47 PM
wough getuk pisang tuh makanan kesukaan eke.... rasanya unik gitu legit2 asem maknyus dah pokoknya /b-senyum/b-senyum/b-victory/b-victory

cc tinggal di deket kediri kah...?? kira-kira sehari makan gethuk berapa kali cc...??/b-victory

drenzholic
22-11-2009, 02:56 PM
/sob udah lama gak makan getuk..., /sob

salutya
22-11-2009, 03:00 PM
Kenapa kk..?? faktor apa aja..?? apa ga ada yang jualan di tempat kk atau gimana..?? share donk.../b-victory

johanlc073
24-11-2009, 04:32 PM
getuk pisang ma getuk lindri apa bedanya cc ? wkwkwkwkwkw ~ saya suka yang getuk lindri /b-pukul

yang ene lom nyoba /b-pukul

salutya
25-11-2009, 09:01 AM
getuk pisang ma getuk lindri apa bedanya cc ? wkwkwkwkwkw ~ saya suka yang getuk lindri /b-pukul

yang ene lom nyoba /b-pukul

kalau gethuk pisang kan dari pisang, nah kalau gethuk lindri kalau gak salah dari ketela kah..???/b-ketawa

udah pasti beda dari bahan ampe rasa n cara buat na juga beda..bentukna pas udah jadi juga udah beda.../b-thanks

johanlc073
25-11-2009, 04:05 PM
weleh ~ baru taw saya ~

ene dimakannya ma kelapa juga gitu ?

kalaw gethuk lindri kan ma kelapa gitu ~ /b-malu

salutya
26-11-2009, 10:02 AM
weleh ~ baru taw saya ~

ene dimakannya ma kelapa juga gitu ?

kalaw gethuk lindri kan ma kelapa gitu ~ /b-malu


Ama kelapa juga bisa...kalau gethuk lindri kan ga ada legit-legit nya...nah kalau gethuk pisang ada...cobain dech...nti pasti bisa bedain.../b-victory

johanlc073
26-11-2009, 10:44 AM
wkwkwkwkwkw ~ legit" tuch apa ? nda taw saya /b-??

wkwkwkwkwkw ~ ok" ~ thanx infonya /b-victory

pinkrose87
26-11-2009, 11:26 AM
kykna getukna enak tuh.. tapi ribet cara bikinnya yah../b-sedih/b-sedih
maklum g ada bakat masak..
jadi laper.../b-hihihi

salutya
26-11-2009, 12:29 PM
wkwkwkwkwkw ~ legit" tuch apa ? nda taw saya /b-??

wkwkwkwkwkw ~ ok" ~ thanx infonya /b-victory

Legit tuch berasa lengket-lengket di lidah...kayak pass makan pisang biasa gitu dech kira-kira.../b-victory