PDA

View Full Version : D'Jakarta tempoe doloe



ashreychan
03-05-2010, 01:01 AM
Tahu Jakarta kan? Kalo anda memang orang Indonesia saya yakin anda pasti tahu Jakarta, minimal pernah denger deh :)

Ibukota Negara Indonesia yang juga sering disebut sebagai kota segudang mimpi ini sering menarik banyak para pendatang dari luar kota dan pulau untuk mengadu nasib, sehingga banyak sekali kuliner2 khas berbagai daerah mulai bermunculan di Jakarta, bahkan sampai kuliner luar negeri (sampai kuliner "eksotis" pun ada di Jakarta)

Namun tahukah kalian bahwa Jakarta juga memiliki makanan2 khas yang ga kalah banyak dan enak? Walau sekarang keberadaan mereka sudah tergolong langka /sob

Yuk kita simak apa aja yang mantep2 dari Betawi


• Kerak Telor •

Camilan (buat saya camilan) yang terbuat dari nasi Aron yang dicampur telur (Bebek atau Ayam) dengan toping serundeng kelapa dan bawang goreng ini saya rasa sudah cukup banyak yg kenal :D sekarang banyak variasi dengan menambahkan potongan cabe rawit buat yang doyan pedas ^.^


http://www.swaberita.com/wp-content/uploads/2008/04/kerak-telor.jpg

paling gampang ditemui kalau sedang ada event PRJ/Jakarta Fair di Kemayoran atau di Lapangan Banteng (saat pameran Flora n Fauna)


• Kue Rangi •

Kue yang terbuat dari campuran Sagu dan Kelapa muda parut ini memiliki bentuk yang cukup unik, dimakan hangat2 bersama siraman gula Aren dijamin membuat anda bisa menghabiskan 1 papan dalam sekejap :p


http://files.posterous.com/danidanz/f42uatEXCAxN3KGSAyFzf8LzYso92iAc2ClKX3OG0WAwrIMjD2 ApIJMvcB5w/kue-rangi2.jpg?AWSAccessKeyId=1C9REJR1EMRZ83Q7QRG2&Expires=1272819624&Signature=Hk3qbooBjRPW4TAtKdO4u5nytWA%3D

http://4.bp.blogspot.com/_qWCC7S14iTs/SDPqb-br40I/AAAAAAAAAgA/Kk3GFU430rc/s400/kue-rangi.jpg

Sayang sekarang Kue Rangi sulit ditemukan (terutama daerah2 menengah atas) kalau pun ada harganya cukup wow (bisa 5 ribu 1 papan), yah tp namanya juga doyan :p


• Tape Uli Ketan •

Yang ini camilan mantap dari Betawi, sering makan saat bertandang kerumah sodara saat lebaran. Kombinasi dari Uli (Ketan yang dimasak dengan campuran parutan kelapa muda) dan Tape Ketan, kombinasi gurih-manis (dan sedikit rasa frementasi tape) sangat cocok dijadiin camilan saat sore2 /lv


http://www.beritajakarta.com/images/foto/tape_uli_ist.jpg

• Kue Kembang Goyang •

Snack satu ini juga merupakan makanan khas Betawi, cocok untuk teman minum teh, terbuat dari campuran Tepung Beras, Santan dan Parutan Kelapa. Dinamakan Kue Kembang Goyang karena pada saat digoreng dia akan bergoyang, mirip dengan hiasan kepala yang dipakai oleh pengantin wanita pada adat Betawi yang bernama sama :D


http://3.bp.blogspot.com/_xhiyjOtYgfA/SxkMo72QajI/AAAAAAAAC-g/LzSovTZUWIE/s320/Kembang-goyang-ubi.jpg

• Sayur Gabus Pucung •

Nah yang ini mungkin terengar asing buat kalian, karena memang sudah sangat sulit ditemukan (nyokap sih buat sendiri). Pucung adalah nama lain dari Keluwak, jadi nama lain dari masakan ini adalah Sayur Gabus Keluwak :D rasanya unik, gurih, sedikit manis dan gimana gituu, belum lagi dengan lembutnya daging ikan Gabus + nasi Putih hangat, wuih mantappp


http://3.bp.blogspot.com/_0OOvrBZD1sc/SzH4DdUiV3I/AAAAAAAAAys/y78x8NslfYI/s400/gabus+pucung+betawi.bmp

Terakhir saya menemukan restoran kaki lima yang menjual Sayur Gabus Pucung ada di daerah Kelender, itu juga kalo siang dikit udah abis ludes ^^a


• Selendang Mayang •

Salah satu makanan yang langka saya temui, mirip2 es cendol, tapi dia menggunakan kue lapis warna warni sebagai pengganti cendol (dan dia juga menggunakan Sagu Aren sebagai bahan bakunya) rasanya manis dan segar, cocok buat minuman d hari yang terik ;)


http://jurnalharianku.blog.friendster.com/files/es_selendang_mayang2.jpg

• Rujak Juhi •

Walau disebut rujak, panganan yang satu ini berbeda dengan rujak pada umumnya, terdiri dari Mie Kuning Basah, Kentang Rebus yang digoreng sesudahnya, Selada, cacahan Mentimun, Kerupuk/Emping dan Juhi itu sendiri, disiram dengan bumbu Kacang yang khas membuat Rujak Juhi menjadi salah satu santapan khas Betawi favorit saya :D


http://farm3.static.flickr.com/2534/3785050026_f79a5c8fc0.jpg

• Laksa Pengantin •

Makanan yang biasanya ada di kawinan adat betawi ini juga sudah langka buat ditemukan, Laksa pengantin isinya lontong, taoge, kemangi, kentang, telur, sawi asin, mentimun, bihun, dan ayam rebus yang diiris kecil-kecil. Kuahnya adalah kuah kari, biasanya ditaburi bawang merah goreng dan kerupuk.


http://images.elkaje.multiply.com/image/12/photos/upload/300x300/SxNmXgoKCDsAAAbiD1s2/laksa.JPG?et=q9uia9ayrLTx%2C%2CWPfQlXQg&nmid=300445701

• Bir Pletok •

Eits, jangan salah, walau namanya Bir, bir yang satu ini tidak mengandung alkohol sama sekali, minuman khas Betawi ini terbuat dari 12 macam rempah2 , antara lain jahe merah, jahe putih, cengkeh, pala, cabai jawa (cabai yang bentuknya seperti daun cemara), kayu secang, dan kapulaga.

Warna merah yang khas dari minuman ini diakrenakan salah satu bahannya, yakni kayu secang. Lalu kenapa dinamakan Bir Pletok? Kata pletok berasal dari bunyi Kapulaga yang akan merekah saat dalam membuat minuman ini :D

Nikmat diminum hangat maupun dingin ^,^


http://images.tarivc.multiply.com/image/4/photos/upload/300x300/R7RktwoKCBkAABUSBkA1/DSCF2313.JPG?et=8kgH95XhgTVgXAtrAxLDnQ&nmid=82019511

Bagaimana? Menarik bukan :D masih banyak makanan khas Betawi lainnya yang belum saya tulis di atas, apakah kalian sudah pernah mencobanya? Ga kalah kok sama masakan luar ;)

*Semua Images/foto bukan punya saya, credits goes to their owners*

yayaoranye
24-05-2010, 03:38 PM
wuiiih ,, jadi ngiler nih ,,,


di daerah rumah ku masih ada tuh abang2 yang jualan kue rangi...

rasanya juga masi sama kaya dulu ...

hehheeh yang beda cuma harganya,,,,
dulu beli 1000 1 papan,,,
sekarang 3000,,, hahahhahha

ashreychan
28-05-2010, 12:30 AM
wuiiih ,, jadi ngiler nih ,,,


di daerah rumah ku masih ada tuh abang2 yang jualan kue rangi...

rasanya juga masi sama kaya dulu ...

hehheeh yang beda cuma harganya,,,,
dulu beli 1000 1 papan,,,
sekarang 3000,,, hahahhahha

3ribu masih murah cc, di daerah rumah saya 1 papan 5rb

/...

/otl

mankicut
28-05-2010, 08:13 AM
kembang goyang enak tuh, manis
sekali duduk bisa abis setoples /b-darah

ashreychan
28-05-2010, 02:49 PM
kembang goyang enak tuh, manis
sekali duduk bisa abis setoples /b-darah

Sama cc, apalagi sambil nonton tivi

/e8

lililionk
03-07-2011, 01:48 AM
HUAAAAAAAAAAAAAAAAAA
enak2 gtu smuanya..
sayang yg penah gue rasain cuma kerak telor dan tape uli ketan..

yg laen lum penah..apalagi sayur pucung >.<

kek nya enak gabus gtu >.<

arcndud
30-07-2011, 07:52 PM
awh awh ngiler ui...
pingin nyobain bir pletok tapi tempat mangkalnya dimana ya ?/b-bingung

IDkloningan
31-07-2011, 02:45 PM
pernah makan rujak juhi & menurutku enggak enak http://i306.photobucket.com/albums/nn252/cebong_ipit/ALL%20EMOTICON/yoyo/yoyo-emoticon-2-034.gif